Berita

Pelantikan PPS Tapanuli Selatan Ditunda

FaseBerita.ID – Sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona, pelantikan PPS Pilkada Tapsel 2020, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini disampaikan Ketua KPU Tapsel, melalui divisi perencanaan data dan informasi Efendi Rambe, Senin (23/3).

“Penundaan pelantikan PPS ini berdasarkan surat edaran KPU RI No.8 Tahun 2020 tertanggal 21 Maret 2020,” terangnya.

Disampaikan, memang sesuai jadwal dan tahapan pilkada Tapsel, pelantikan PPS seharusnya dilaksanakan Minggu (22/3).

“Pembentukan PPDP pada tanggal 26 Maret 2020, yang akan datang juga ditunda,” ujarnya.

Dijelaskannya, penundaan pelantikan anggota PPS untuk 248 Desa dan Kelurahan yang tersebar di 15 Kecamatan, telah diumumkan secara resmi oleh KPU Tapsel, dengan batas waktu yang tidak ditentukan, sebagaimana tertuang dalam. pengumuman No.345/PP.04.2-Pu/1203/KPU-Kab/III/2020 tanggal 22 Maret 2020.

“Sudah diumumkan,” tegasnya seraya merincikan, selain penundaan pelantikan PPS dan perekrutan PPDP, veririkasi syarat dukungan calon perseorangan juga ditunda.

“Ada tiga poin tahapan Pilkada yang ditunda, sesuai keputusan KPU. Semua itu adalah sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona,” sebut Efendi Rambe.

Akibat penundaan pelantikan PPS untuk Pilkada Tapsel itu, ternyata menimbulkan tanda tanya ditengah masyarakat. Masyarakat mulai ragu, dengan adanya beberapa tahapan yang diitunda, apakah jadwal pemilihan yang telah ditentukan juga akan mengalami penundaan.

“Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan pemilihan hingga saat ini belum ada perubahan,” terangnya.

“Proses pemutakhiran data pemilih ini sangat erat dengan kontak fisik dan tatap muka dan petugas pencocokan dan penelitian yang menjumpai warga dari rumah ke rumah. Jadi langkah yang diambil oleh sudah tepat, lebih mengutamakan kemanusiaan,” pungkas Efendi Rambe. (ran)

Melawan Virus Corona   Pascasarjana USI  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close