Berita

Pelantikan Anggota DPRD Siantar Diwarnai Demo Ricuh

FaseBerita.ID – Pelantikan Anggota DPRD Kota Pematang Siantar diwarnai dengan demo mahasiswa hingga berujung ricuh, Senin (2/9/2019). Sejumlah massa yang berasal dari beberapa organisasi mahasiswa datang dan berunjukrasa di luar pintu gerbang gedung DPRD.

Awalnya, aksi unjukrasa berjalan damai, namun kemudian massa meminta diizinkan masuk ke pelataran gedung DPRD.

Karena pengamanan ketat dari pihak Polresta Pematangsiantar, massa tidak bisa masuk. Suasana memanas karena tuntutan mahasiswa untuk bertemu anggota DPRD tidak berhasil. Sehingga aksi saling dorong antara massa dengan pihak kepolisian pun terjadi.

Demo saat pelantikan anggota DPRD Siantar berujung ricuh.

Suasana mulai ricuh. Bahkan ada beberapa anggota polisi dan massa terjatuh. Polisi segera mengamankan beberapa peserta aksi dan membawanya ke Mapolres Pematangsiantar.

Beberapa tuntutan massa yakni: anggota DPRD yang baru dilantik agar menuntaskan rancangan Peraturan Daerah (Perda) yang tidak dapat dituntaskan anggota DPRD sebelumnya. Kemudian, mengoptimalkan tugas, fungsi, dan kewajiban DPRD sebagai suatu amanah rakyat.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Oppusunggu menyayangkan aksi mahasiswa yang tidak memenuhi prosedur tersebut. Heribertus berharap mahasiswa bisa berunjukrasa secara santun dan tidak anarkis.

“Bagi mereka yang diamankan, akan dilakukan tes urine. Bila ada yang positif mengonsumsi narkoba, akan diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN),” katanya. (mag-03)

iklan usi



Back to top button