Berita

Pelaku Hipnotis Mulai Berkeliaran di Siantar: Perhiasan Emas 18 Mayam Raib

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pelaku hipnotis mulai berkeliaran di Kota Pematangsiantar. Kali ini korbannya seorang wanita. Perhiasan emas sebanyak 18 mayam raib dibawa pelaku. Pelaku terdiri dari dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan.

Aksi pelaku diketahui dari CCTV salahsatu toko di seputaran Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat. Hasil rekaman video ini bahkan viral di di sosmed yang diposting oleh salah satu akun Facebook bernama Andrew T Panjaitan, Sabtu (7/12) sekira pukul 21.30 WIB.

Berdasarkan tulisan pada video tersebut, korban mengalami kerugian lebih 18 mayam perhiasan emas. Dimana aksi itu dilakukan oleh dua orang yakni satu laki-laki dan satu perempuan.

Bahkan, dari hasil rekaman CCTV, wajah keduanya terlihat jelas dari salah satu CCTV milik toko di seputaran Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat itu.

Dalam video, tampak seorang pria berbaju biru seperti menunggu. Sedangkan rekannya wanita melintas seakan tidak saling kenal sambil menelepon.

Hingga akhirnya, melintaslah seorang wanita berhijab berinisial S (46). Kemudian, si pria menghentikan langkah korban, dan pura-pura bertanya lokasi tempat penukaran uang.

Sedangkan si wanita, rekan pelaku pria tersebut pura-pura mendatangi. Selang beberapa menit, mereka pergi meninggalkan dan membuat korban linglung.

Menurut keterangan korban, awalnya dia tidak ingin pergi dengan para pelaku. Bahkan hatinya pengen berontak, tetapi seperti tidak bisa menolak karena pelaku wanita memaksanya untuk menemani.

Sehingga korban akhirnya mengikuti kata-kata pelaku dan ikut masuk ke dalam mobil. Selanjutnya, pelaku sempat membawa korban singgah ke salahsatu Bank.

Kemudian pelaku meminta agar menunjukkan rumah korban. Dari rumah korban lah perhiasan emas itu dibawa pelaku.

Begitu perhiasan sudah aman, pelaku kemudian mengajak korban ke mobil dan menurunkannya di Jalan Surabaya.
Menanggapi aksi tersebut, pihak Kepolisian Resort Siantar mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan tidak meremehkan situasi di sekitarnya.

“Jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal. Apalagi kalau dikasih sesuatu, baik itu barang atau minuman harus waspada,” imbau Kasat Reskrim Iptu Nur Istiono.

Melalui Kasubbag Humas polres siantar, Iptu Rusdi Ahya saat dikonfirmasi, Minggu (13/12) , pihaknya juga menyampaikan, agar tidak sekali-kali memberikan identitas diri atau data pribadi kepada orang lain.

“Hindari lokasi sepi. Hindari bermain HP di pinggiran jalan karena hal itu bisa menggundang pelaku kejahatan. Selanjutnya, jangan memakai perhiasan emas saat keluar dan ke pasar, bisa mengundang kejahatan,” pesannya. (Mag-03/des)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close