Berita

Pelaksanaan Protokol Kesehatan KPU Siantar, Ribuan Anggota KPPS di Rapid Test

FaseBerita.ID – Sebanyak 3.815 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 1090 anggota Linmas yang bertugas untuk Pilkada Kota Siantar 9 Desember 2020, mengikuti pemeriksaan Rapid Test di rumah sakit.

Anggota KPU Kota Pematangsiantar Nurbaiyah Siregar mengatakan, pemeriksaan Rapid Test ini dilaksanakan selama 7 hari yang dimulai hari Selasa 10 November 2020. Teknisnya, untuk anggota KPPS pemeriksaanya digelar di Rumah Sakit Tentara dan untuk anggota Linmas pemeriksaannya di RSU Djasamen Saragih Pematangsiantar.

“Jadi sesuai dengan ketentuan dari KPU bahwa seluruh anggota KPPS dan Linmas yang akan bertugas di TPS harus terlebih dulu dilakukan rapid test,” ujar Nurbaiyah.

Nurbaiyah menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, KPU menyelenggarakan pemilu dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Hal itu dimulai dari petugas di TPS harus di rapid tes terlebih dahulu. Kemudian nantinya, petugas juga memakai sarung tangan dan masker di TPS.

Di lokasi TPS juga, disediakan tempat mencuci tangan dan ada juga alat pemeriksa suhu badan.

Lalu bagi pemilih, nantinya di TPS juga harus mengikuti aturan di TPS dengan mangatur jarak dan wajib memakai masker.

“Untuk tinta di tangan tidak lagi dicelup, namun diteteskan oleh petugas di TPS. Nah, sebelum pelaksanaan pemilihan, kawasan TPS juga akan disemprot disinfektan. Sehingga lokasi TPS harus benar-benar streril.

Dengan perlakuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat, Nurbaiyah mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu lagi takut datang ke TPS untuk memberi hak suara.

“Ayo datang ke TPS 9 Desember 2020 untuk Pemilihan Walikota Pematangsiantar,” imbau Nurbaiyah Siregar. (pra/fi)

iklan usi



Back to top button