Berita

PDAM Tirta Nauli Sibolga Raih Peringkat Tertinggi Nilai Kinerja Tahun 2019

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Nauli Kota Sibolga kembali meraih predikat tertinggi atau peringkat pertama untuk Wilayah I Sumatera berdasarkan penilaian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Direktur PDAM Tirta Nauli Sibolga Marojahan Panjaitan kepada New Tapanuli mengatakan, prestasi itu berdasarkan penilaian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedian Air Minum (BPPSPAM) untuk tahun 2019.

“Berdasarkan data tersebut, ada 10 PDAM yang meraih peringkat tertinggi nilai kinerja tahun 2019 di wilayah I. PDAM Tirta Nauli Sibolga tetap berada di urutan pertama dengan nilai 3,94 dari sebelumnya dengan nilai 3,79 dengan kinerja sehat. Jumlah PDAM se Wilayah I Pulau Sumatera sendiri terdiri dari sebanyak 105 PDAM,” jelas Marojahan.

Dia mengatakan, penilaian tersebut merupakan penilaian tahunan yang diterbitkan oleh BPPSPAM dan penilaiannya dilakukan tertutup bekerja sama dengan beberapa instansi seperti Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi (BPKP) dan Inspektorat Daerah. “Penilaian dilaksanakan untuk melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan PDAM,” beber Marojahan.

Menurutnya, ada sejumlah indikator kinerja PDAM yang dinilai dan dibagi menjadi empat aspek, yakni Keuangan, Pelayanan, Operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemudian hasil penilaian dibagi menjadi tiga kategori yakni PDAM sehat, kurang sehat dan sakit. Sedangkan secara nasional, PDAM Tirta Nauli meraih juara III untuk kategori pelanggan yang jumlahnya sedikit, yakni dibawah 20.000 pelanggan,” jelasnya.

Marojahan berharap, hal itu jangan membuat semua jajaran di PDAM Tirta Nauli Sibolga lantas lalai untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Prestasi ini justru harus semakin memacu semangat kita untuk terus berinovasi, meningkatkan pelayanan dan membuat pelanggan meningkat tingkat kepuasannya,” tegasnya.

Prestasi tersebut, lanjut sosok yang menakhodai PDAM Tirta Nauli itu, tak terlepas dari dukungan luar biasa Pemko Sibolga melalui Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, Dewan Pengawas PDAM Tirta Nauli, serta seluruh pegawai.

“Dan yang terpenting adalah dukungan dari pelanggan PDAM Tirta Nauli Sibolga yang saat ini sudah mencapai sekitar 15.000 pelanggan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Marojahan menjelaskan bahwa BPPSPAM merupakan lembaga yang bertanggungjawab kepada Menteri yang bertugas membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD) penyelenggara SPAM.

“Tugas utama BPPSPAM adalah meningkatkan jumlah PDAM sehat melalui pembinaan dalam peningkatan tata kelola perusahaan yang baik,” tandasnya. (rb)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button