Berita

PC HIMMAH Diskusi Sukseskan Pemilu 2019

PALAS, FaseBerita.ID – Mewujudkan dan menyukseskan Pemilu 2019, Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Kabupaten Palas melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), Rabu (10/4) outdoor di Bakso Ceker Sigalagala Sibuhuan.

Dengan tema Peran Mahasiswa dalam mensukseskan Pemilu 2019, kesempatan ini Ketua KPU Palas Indra Syahbana Nasution dan mantan komisioner Panwaslih Palas Irham Habibi Harahap serta Ahmad Faisal Nasution, komisioner Bawaslu Palas bertindak sebagai narasumber.

Dalam paparan Ketua KPU menyebutkan pelaksanaan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Untuk pemilu ini dilaksanakan secara serentak Presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Kendatipun demikian, menurutnya peran penyelenggara tidaklah cukup untuk sukes tanpa ada peran dari mahasiswa.

“Karena kaum mahasiswa adalah kaum cerdas dan milenial yang punya peran penting dalam mengajak masyarakat untuk mewujudkan pemilu sesuai dengan azas-azas pemilu,” ujar Indra Syahbana Nasution.

Sementara Irham Habibi yang tampil sebagai narasumber kedua menyampaikan mahasiswa sebagai kaum intelek punya tantangan dan peran dalam menyukseskan pemilu 2019. Tantangan tersebut berupa menangkal berita Hoax, Rasisme dan Money Politic.

“Dengan status agen of change, social control dan iron stock, mahasiswa tidak boleh mencederai demokrasi dengan terlibat politik praktis, alergi dengan politik, dan menyebarkan informasi yang tidak valid kepada masyarakat. Hal ini penting, karena mahasiswa masih mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai kaum yang cerdas,” ungkap Irham yang juga mantan ketua PC Himmah Palas ini.

Sedang Ahmad Faisal Nasution mewakili Bawaslu Palas tentunya mengajak masyarakat khususnya mahasiswa agar kecurangan-kecurangan dapat diminimalisir. Fungsi pengawasan dari mahasiswa juga diharapkan untuk mewujudkan pemilu yang jurdil.

“Mari kita awasi bersama, agar pemilu serentak 2019 sukses,” ajak Faisal.

Imam Sahala Pohan selaku ketua PC HIMMAH Palas menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkat gairah mahasiswa untuk ikut berpartisifasi dalam mensukseskan pemilu. Tidak saja mahasiswa dari kalangan Himmah, kegiatan ini juga dihadiri dari berbagai elemen Organisasi ekstra kampus dengan jumlah berkisar 50 orang.

“Himmah sepakat akan terus membuat terobosan baru dengan tujuan proses dan hasil dari pemilu 2019 ini dapat berjalan dengan baik,” kata Sahala. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button