HUT RI
Berita

PAUD Harus Ada Hingga Daerah Terpencil

FaseBerita.ID – Sumber daya manusia (SDM) di Kalteng harus dipersiapkan sejak dini. Salah satunya dengan mendorong menghadirkan pendidikan anak usia dini (PAUD) harus ada daerah terpencil di Kalteng.

“Karena merupakan pondasi dasar dalam pembentukan SDM yang berkualitas. Untuk itu, sarana dan prasarna pendidikan harus mendapat perhatian serius,” kata Ketua DPRD Kalteng Wiyatno.

Ungkapnya, hal tersebut termasuk sarana dan prasarana untuk PAUD sangat penting untuk daerah terpencil. Sehingga perlu didorong agar berjalan lebih maksmil kedepan.

“Karena usia dini merupakan usia keemasan bagi tumbuh kembang anak. Untuk itu kami akan terus mendorong pertumbuhan sarana dan prasarna PAUD hingga daerah terpencil nanti,” jelas Politikus PDI Perjuangan tersebut.

Menurutnya, fasilitas dan pelayanan pendidikan yang memadai harus dihadirkan di semua wilayah di Kalteng. Tidak terkcuali di daerah terpencil. Sehingga seluruh masyarakat atau anak memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan yang memadai.

Selain itu pemerataan pembangunan dan kualitas pendidikan sangat diperlukan. Bahkan Wiyatno menginginkan akan ada sekolah unggulan dimasing-masing daerah hingga ke kecamatan.

“Kami sangat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kalteng. Salah satu upaya yang perlu dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai,” tuturnya.

Selain itu menyiapkan SDM guru yang kompeten. Sehingga kualitas pendidikan di Kalteng akan maju. Tidak hanya di perkotaan saja, akan tetapi juga di perdesaan yang berada diseluruh wilayah di Kalteng.

“Untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru di pedalaman, pemerintah daerah harus mengangkat tenaga guru dari masyarakat setempat. Tujuannya agar mereka fokus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu dan tidak berpikir mengajukan pindah tugas,” pungkasnya lagi. (nue/ari/nto)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button