Berita

Pastikan Pilkada Aman, KPU Simalungun Gelar Simulasi Putungsura dan Sirekap

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara (Putungsura) serta penggunaan Sirekap di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilihan serentak 2020, dengan protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, Sabtu(21/11) di Lapangan Rambung Merah, Kecamatan Siantar.

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik didampingi Fatimah Yanti Sinaga Devisi Tehnis menyampaikan, kegiatan simulasi ini bertujuan, meyakinkan kepada masyarakat agar tidak takut datang ke TPS, Rabu 9 Desember 2020, karena pelaksanaan pemungutan suara nantinya mengikuti protokol kesehatan.

Diantara penerapan protokol Kesehatan Putungsura pada masa pandemi covid-19 yakni, pemilih yang hadir memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar TPS, memakai sarung tangan plastik, penyemprotan disinfektan secara berkala, menjaga jarak dan tidak berkeruman di lingkungan TPS baik di dalam maupun di luar TPS.

Kegiatan simulasi ini juga bertujuan mematangkan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS.

Simulasi dihadiri KPU Provinsi Sumatera Utara, Bawaslu Simalungun, DPRD Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, Kabag OPS Polres Simalungun, Kesbangpolimnas. (fi/esa)

iklan usi



Back to top button