Berita

Pasokan Listrik Persiapan Natal Tetap Lancar

MEDAN, FaseBerita.ID – General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara M Irwansyah Putra memastikan pasokan arus listrik pada persiapan menjelang Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 tidak akan mengalami pemadaman, tetap dalam kondisi aman dan lancar.

“Kondisi arus listrik di wilayah Sumatera Utara (Sumut) tetap menyala seperti yang diharapkan bersama dan tidak akan ada gaQngguan pemadaman seperti yang dikhawatirkan oleh para pelanggan,” kata Irwansyah pada konferensi pers Kehandalan Kelistrikan Sumatera Utara menyambut Natal dan Tahun Baru di Medan, Sabtu.

Sebab, menurut dia, pada Hari Natal dan Tahun Baru itu, pihak PLN Wilayah Sumut juga menyiapkan cadangan listrik hingga 400 MW sehingga tidak akan ada pemadaman dan hal itu sudah diantisipasi dengan baik.

“Selain itu, PLN Wilayah Sumut juga telah mencadangkan pasokan listrik dari PLTU Belawan dan juga dari Pangkalan Susu, serta pembangkit listrik lainnya yang ada di Sumut,” ujarnya didampingi Manajer Komunikasi, Rudi Artono, dan Manajer Unit Pelaksana Pengatur Distribusi, Adhi Herlambang.

Ia mengatakan, selain itu kemungkinan terjadinya penurunan beban puncak pada perayaan Natal dan Tahun Baru sudah diantisipasi oleh petugas listrik yang memiliki pengalaman, sehingga tidak ada pemadaman arus listrik.

“Kalau pun ada gangguan arus listrik yang terjadi bisa saja dikarenakan gangguan nonteknis yang tak bisa dihindari sehingga ada listrik padam, yakni gangguan pohon, tanah longsor dan ulah binatang,” katanya.

Sementara itu, Senior Manajer Distribusi PLN Sumut Taufik Hidayat menjelaskan jika ada gangguan juga telah disiapkan tim menanganinya.

Namun, menurut dia, tentunya gangguan listrik pada perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut tidak akan dikehendaki, hal-hal yang seperti ini jangan sampai terjadi, karen mengecewakan masyarakat.

“Menghadapi Natal dan Tahun Baru ini, PLN di Sumut juga menyiapkan 427 penyulang, 250 posko, 2.735 personel, dan 44 Petugas Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).Kemudian ada 156 genset mobile, 46 unit gardu bergerak dan UPS 14 unit,” ujarnya.

Taufik mengatakan, sebanyak 720 gereja hasil pemetaan PLN Sumut, dipastikan mendapatkan layanan listrik yang memadai agar ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru tetap berjalan lancar, serta tidak ada kendala.

“Selain itu, PLN Sumut tidak akan melakukan pemadaman karena pemeliharaan.Dipastikan pembangkit dalam kondisi siap beroperasi memproduksi daya listrik pada Natal dan Tahun Baru,” ucap dia. (int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button