Berita

Paskibra Siantar Siapkan Formasi 74 dan Mata Panah

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Pematangsiantar siap menjalankan tugas untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019).

Mereka sudah menyiapkan dua formasi, yakni 74 dan mata panah. Penentuan kedua formasi itu, apakah digunakan saat penaikan atau penurunan bendera, akan ditentukan sehari sebelum hari H, atau Jumat (16/8/2019).

Demikian dikatakan Ipda Amril Yousnaidi, salah seorang pelatih dari Purna Paskibraka Indonesia Kota Pematangsiantar, yang ditemui di Lapangan H Adam Malik, Selasa (13/8/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

“Untuk formasi mata panah, dengan lambang busur yang digunakan para pejuang untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Ipda Amril.

Untuk persiapan, sambung Ipda Amril, saat ini mencapai 85 persen. Selebihnya tinggal pembinaan mental.

Ipda Amril menjelaskan, 60 anggota Paskibra Pematangsiantar tahun 2019 telah melalui sejumlah tahapan seleksi. Mereka berasal dari 25 SMA/SMK/Madrasah Aliyah/ Sederajat.  Selain itu, dua anggota Paskibra Pematangsiantar terpilih menjadi Paskibraka Nasional dan Paskibra Provinsi Sumatera Utara.

Pemilihan anggota Paskibra, katanya, berawal Februari 2019 lalu. Saat itu Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Drs Edi Noah Saragih mengirimkan surat kepada kepala sekolah tingkat SMA/SMK/MA/sederajat untuk mengirimkan lima siswanya guna mengikuti seleksi bakal calon Paskibra.

Selanjutnya, sebanyak 500 siswa dari 25 sekolah diseleksi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pematangsiantar di bawah naungan Disdik. PPI Pematangsiantar sendiri diketuai Kopda Dimas Hari dan pembina Jhonson Sitinjak MPd dari Disdik.

Kemudian, selama dua minggu, dilakukan seleksi beberapa tahapan, hingga terpilih 60 siswa. Mereka, terdiri atas 32 putera dan 28 puteri.

Maret 2019, 60 anggota Paskibra mengikuti Orientasi di Taman Eden 100 di Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) selama seminggu. Juga mengikuti latihan rutin di Lapangan H Adam Malik dan Lapangan SMA Taman Asuhan.

Dari hasil orientasi, empat orang dikirim mengikuti seleksi Calon Paskibra Provinsi Sumut dan Nasional. Hasilnya, Silvya Kartika Putri terpilih menjadi Calon Paskibraka Nasional mewakili Provinsi Sumut, dan Andre Pasaribu menjadi Paskibra Sumut.

“Anggota Paskibra merupakan pelajar terbaik, baik dari mental, fisik, dan akademik. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Siantar untuk Paskibra Siantar supaya mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab pengibaran bendera saat 17 Agustus nanti,” harapnya. (mag03)

iklan usi



Back to top button