Berita

Pasca Keracunan Warga Sejumlah Sampel Makanan Diteliti

FaseBerita.ID – Sejumlah sampel dan bahan makanan diambil oleh tim Penyelidik Edipemiologis case food poisoning yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan di rumah salah seorang warga di Dusun IV Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Senin (9/10/2019).

Kadis Kesehatan Asahan dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan menjelaskan sejumlah bukti patologis yang tampak pada warga saat ini yang sakit menunjukkan bahwa gejala yang ditimbulkan pasien disebutkan mirip dengan keracunan.

“Sudah kita ambil beberapa sampling tadi dari rumah salah seorang warga dimana sebelumnya dilaporkan masyarakat menghadiri undangan hajatan dan makan di sana,” kata Aris saat diwawancarai wartawan, Selasa (10/12/2019).

Dari data tersebut, tim ahli epidemiologi dan ahli lainnya saat ini sedang mencari sumber infeksi potensial dan dinas kesehatan telah mengambil sampling beberapa makanan dan tindakan pencegahan yang cukup dengan berkordinasi bersama dokter terhadap pasien.

“Untuk penyelidikan lebih lanjut sample air sudah kita kirim ke Medan,” ujar Aris.

Sebelumnya, sebanyak 49 warga desa Lubuk Palas mengalami sakit perut dengan kondisi mual, dan muntah hingga mereka harus dilarikan ke rumah sakit, Sabtu (7/12/2019) lalu. Setelah diamati para warga ini berasal dari dua dusun yang sehari sebelumnya, Jumat (6/12/2019) menghadiri acara hajatan di rumah seorang tetangga yang syukuran atas kelahiran anaknya.

Pemerintah Kabupaten Asahan menyatakan menanggung penuh biaya perobatan warga desa yang dirawat di dua tempat berbeda yakni di RSUD Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran, serta Puskesmas Binjai Serbangan. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button