Berita

Pasca Kebakaran TPO Tanjungbalai, Pedagang Berswadaya Bangun Kios

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Pasca kebakaran yang menghanguskan ratusan kios di Pasar TPO Tanjungbalai pada hari Selasa (26/11) dini hari yang lalu, para pedagang mulai mendirikan kembali kios miliknya masing-masing. Pemilik kios membangun lapak dagangannya dengan swadaya.

Amatan wartawan, Selasa (10/12), para pedagang Pasar TPO yang berlokasi di Kelurahan TB IV Kecamatan Tanjung Balai Utara Kota Tanjungbalai saat ini mulai mendirikan bangunan kiosnya masing-masing. Dan beberapa pedagang lainnya sudah ada yang selesai membangun dan telah menjajakan barang dagangannya.

Mulia Simatupang, Pengurus Asosiasi Pedagang Pasar TPO Tanjungbalai kepada wartawan mengatakan bahwa Pemerintah Tanjungbalai sudah mengizinkan pedagang untuk mendirikan bangunannya masing-masing agar bisa kembali berjualan. Sementara untuk biaya pembangunan kios itu merupakan swadaya dari pedagang karena belum ada bantuan dari pemerintah.

“Mengingat TPO adalah ikon Kota Tanjungbalai sebagai pusat pasar monza, maka pemerintah telah mengizinkan untuk melakukan pembangunan kembali kios oleh setiap pedagang yang lapaknya terbakar. Biaya pembangunannya adalah swadaya dari masing-masing pedagang,” ucapnya.

Dikatakannya bahwa para pedagang berkeinginan sesegera mungkin membenahi kios dengan tujuan untuk bisa kembali berjualan dengan harapan untuk memulihkan keadaan perekonomian atas kerugian yang diderita akibat kebakaran bisa berangsur pulih.

Oleh karena itu diharapkan kepada pemerintah maupun aparat keamanan bisa mengkoordinir pengamanan sehingga memberikan rasa aman bagi pedagang agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Kebakaran seperti ini sudah ketiga kalinya terjadi. Akibatnya pedagang selalu merugi. Untuk itu kami memohon kepolisian Polres Tanjungbalai melalui Polsek Tanjung Balai Utara bisa membuat kebijakan agar dapat menjamin rasa aman bagi pedagang sehingga kebakaran tidak terulang kembali,” pinta Mulia.

Menanggapi permintaan pedagang TPO tersebut, Kapolsek Tanjung Bali Utara Iptu V Situmorang kepada wartawan, Selasa (10/12) mengatakan bahwa pihaknya telah mewacanakan untuk membentuk satu wadah pengamanan seluruh kios di pasar TPO tersebut dan dalam pengawasan dan pemantauan pihaknya.

“Sudah kita wacanakan untuk membuat satu wadah pengamanan. Bahkan poskonya sudah selesai dibangun dan siapa orang-orang yang akan kita rekrut juga sudah kita data dan dalam minggu ini kita akan rapatkan untuk ditetapkan sebagai pengamanan di Pasar TPO Tanjungbalai. Nantinya mereka akan tetap dalam pantauan Polsek Tanjung Balai Utara,” pungkasnya. (ck04/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button