Berita

Pasca Gempa, Suasana di Banggai Kepulauan Berangsur Kondusif

FaseBerita.ID – Pasca gempa yang mengguncang Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah pada Jumat (12/4) kemarin, kondisi masyarakat sekitar yang terdampak kini sudah mulai tenang. Masyarakat telah pulang ke rumahnya masing-masing.

“Kalau semalam itu masyarakat sempat mengungsi, naik ke perbukitan atau tempat-tempat tinggi. Sekarang mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Kondisinya sudah mulai kondusif,” kata Koordinator Tim Disaster Emergency Response (DER) ACT Kusmayadi, Sabtu (13/4).

Kendati demikian, tim tetap menyiagakan bantuan apabila diperlukan. Pasalnya, gempa susulan kembali terasa untuk beberapa kali walaupun tidak separah gempa sebelumnya.

Sebelumnya, gempa di Sulteng sempat dinyatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berpotensi terjadi tsunami. BMKG menjelaskan, peringatan dini tsunami itu dikeluarkan usai gempa dengan magnitudo 6,8 mengguncang Sulteng pada pukul 18.40 WIB.

Titik koordinat gempa berada di 1,90 Lintang Selatan, 122,54 Bujur Timur. Namun, peringatan dini tsunami itu kini telah dicabut.

“Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa magnitudo 6,8 SR, tanggal 12 April 2019 pukul 18.40 WIB, dinyatakan telah berakhir,” tulis BMKG dalam keterangannya Jumat (12/4). (jp/fid)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button