Berita

Pasca Diberhentikan Lokasi Tugu Sangnaualuh Masih Dibahas

FaseBerita.ID – Lokasi selanjutnya pembangunan Tugu Sangnaualuh masih belum dipastikan. Sejak tugu Sangnaualuh Damanik batal dibangun di Lapangan Haji Adam Malik tahun 2018 silam, sejauh ini Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar belum memastikan apa langkah selanjutnya. Pemko masih sebatas membahas.

Hal ini dibenarkan Pelaksana Tugas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Plt PUPR), Jhonson Tambunan.

Ketika ditanyakan apakah pembahasan berkaitan dengan pemindahan lokasi, Jhonson Tambunan tak memberikan jawaban banyak. “Masih dibahas, maaih dibahas,” kata pria yang telah menjabat sebagai Plt PUPR kurung waktu sekitar 3 tahun terakhir.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemko Pematangsiantar, Adiaksa Purba dengan tegas mengakui anggaran untuk tugu telah disediakan di tahun 2019, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Besarannya Rp10 miliar. Jika proses pembangunan tak kunjung menemukan titik terang maka anggaran ini akan menjadi Silpa.

Disinggung mengenai posisinya yang dulu bagian dari panitia, Adiaksa Purba mengaku bahwa saat ini tidak ada lagi struktur kepanitiaan lantaran biaya yang dipergunakan untuk membangun semua bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), kemudian selama ini panitia yang berfungsi mengumpulkan dana tidak ada mengumpulkan dana. Menurutnya, panitia sifatnya untuk pengumpulan dana.

“Sekarang kepanitiaan tidak berlaku lagi karena sudah pemerintah kota yang mengerjakan. Dulu panitia dibentuk karena dana pembangunan itu sebagian dilakukan (lewat) pengumpulan dana oleh panitia. Tetapi karena Pemko yang sudah mengerjakannya maka panitia tidak berlaku lagi,” terangnya.

Atas tidak berlakunya unsur panitia pembangunan, maka segala yang berkaitan dengan pembangunan tidak dapat disangkutpautkan lagi.

“Hal-hal yang menyangkut pembangunan Tugu Sangnaualuh jangan ditanya kepada panitia (yang dulu ada), tapi ditanyakan langsung ke Dinas terkait,” jelasnya sembari mengutarakan, jika ada hal teknis dalam pembangunan akan dikonsultasikan kepada ahli ukir dan tokoh masyarakat. (pam/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button