Berita

Pasca Banjir Labura: “Hentikan Penebangan Kayu di Hulu Sungai”

LABURA, FaseBerita.ID – Masyarakat Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labura meminta kepada instansi terkait agar menghentikan aktivitas penebangan Kayu oleh PT Labuhanbatu Indah (PT LBI).

Hal itu diungkapkan saat kunjungan BPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), bersama Dinas kehutanan Provsu dan KPH Wil V Aek Kanopan yang turun ke Desa Hatapang, Kecamatan Na-IX-X  kabupaten Labura, Jumat (24/1).

Kunjungan DPRD Provinsi Sumut bersama rombongan pasca banjir bandang yang terjadi pada 28 Desember 2019 lalu. Rombongan DPRD Komisi B ini turun ke Desa Hatapang dan di sambut warga masyarakat Desa Hatapang, untuk menindak lanjuti RDPD DPRD Sumut Komisi B pada 7 Januari lalu. “Kami minta kepada instansi terkait untuk menghentikan aktivitas PT LBI,” ujar Pardamean Sipahutar.

Menyahuti itu, wakil Ketua Komisi B Zeira salim memohon kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumut untuk menunda kegiatan PT LBI dan tidak melakukan penebangan kayu di Bukit Hatapang.

Sementara itu, Arnisah br Lubis (56), janda anak dua  menceritakan sungguh tarauma atas kejadian banjir bandang itu. “Saat kejadian banjir bandang itu kami lari bersama dua orang anak saya ke atas bukit dan tidak sempat menyelamatkan harta benda. Sepeda motor terendam air dan mengalami kerusakan, bahkan pada malam hari kami merasa takut mendengar suara bebatuan dan air dari hulu sungai,” ungkapnya.

Warga lainnya, Intan Munthe (42), mengatakan semenjak adanya aktivitas penebangan kayu oleh PT LBI, air sungai tidak pernah jernih, terus menerus keruh. “Kalau dahulu air sungai dapat langsung diminum,” tutur Intan.

Bahasan Lubis, warga di Hatapang menambahkan tidak berani tinggal di Hatapang dan pindah menyewa rumah ke desa tetangga. “Saya terpaksa menyewa rumah di desa tetangga yakni Desa Silumajang dan meninggalkan rumah kami dari Desa Hatapang  karena kami takut kejadian yang menakutkan itu kembali terjadi,” ucap Bahasan.

Kunjungan Komisi B DPRD Sumut itu dipimpin Ketua Komisi B Viktor Silaen SE MM bersama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, KPH Wil  V Aek Kanopan, Camat NA IX-X , Kapolsek NA IX-X, DPN LKLH di sambut Kepala Desa Hatapang, Babinsa Desa Hatapang, serta puluhan warga  hatapang. (st/rah)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close