Berita

Pasar Tradisional di Siantar Tetap Beroperasi Seperti Biasa

FaseBerita.ID – Pandemi Covid-19 yang masuk ke Sumatera Utara turut menjadi kekhawatiran bagi beberapa masyarakat. Termasuk pedagang pasar tradisional yang ada di Kota Pematangsiantar seperti Pasar Horas dan Pasar Dwikora. Mereka khawatir pajak tersebut akan ditutup karena akan berimbas terhadap penghasilan.

Namun, Direktur SDM Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) Imran Simanjuntak menegaskan sampai saat ini kegiatan di pasar tradisional kota Pematangsiantar masih beroperasi normal dan tidak ada penutupan atau pembatasan operasi.

“Sampai saat ini masih berjalan normal. Kita belum melakukan pembatasan kepada pedagang untuk berdagang. Sampai saat ini kita masih memberikan imbauan kepada mereka agar menerapkan pola hidup sehat dan mengajak bersama-sama melakukan pencegahan Covid-19,” kata Direktur SDM PDPHJ Imran Simanjuntak, Senin (30/3).

Bentuk Tiga Tim Pencegahan Covid-19

Sejauh ini, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pihaknya sudah melakukan beberapa antisipasi. Bahkan, sudah membentuk tim pencegahan Covid-19.

“Tim yang pertama yaitu petugas lapangan bertanggungjawab menyediakan sarana prasarana pencegahan Covid-19. Tim kedua yaitu tim medis yang berkoordinasi dengan puskesmas terdekat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti apabila ada pengunjung atau pedagang yang tumbang, tim inilah yang langsung turun,” ujarnya.

Tim ketiga yakni defisit logistik. Tim ini akan menangani apabila Covid-19 semakin berkembang dan memaksa pasar tradisional lockdown, tim inilah yang nantinya berperan. Jadi masyarakat diimbau untuk tidak khawatir karena ketersediaan pangan akan tercukupi.

“Tim ini sudah berkoordinasi dengan bulog yang tujuannya bisa menjamin ketercukupan kebutuhan pokok masyarakat khususnya Siantar. Kita juga harus menjamin agar tidak terjadi penumpukan barang, dan tidak terjadi penyimpangan,” terangnya.

Imran menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan disperindag agar operasi pasar tetap dilakukan.

“Sekali lagi saya tegaskan, masalah pasar tradisional disebut-sebut tutup, itu tidak benar. Sampai saat ini, belum ada arahan dari Walikota atau dinas terkait untuk menutup pasar,” tegasnya seraya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan penimbunan barang sembako.

“Kalau ada nanti yang terdapat melakukan penimbunan, akan dilakukan penindakan tegas. Kita serahkan ke penegak hukum. Saya tegaskan sampai saat ini pasar belum ada tutup, tapi kita akan selalu melakukan pengimbauan agar tetap waspada untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, beberapa pedagang di Pasar Horas dan Dwikora mengeluhkan adanya informasi kalau pasar tradisional tersebut akan tutup. Namun hal itu dibantah pihak Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya, dan menegaskan Pasar Tradisional tetap buka seperti biasa. (Mag 04)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close