HUT RI
Berita

Pasar Batangtoru Membara: 21 Ruko dan 9 Rumah Terbakar

FaseBerita.ID – Kamis (25/7/2019) pagi. Kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Batangtoru, di Kelurahan Wek II, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Sedikitnya ada 30 unit bangunan di tepian Jalan Merdeka, Lintas Psp-Sibolga itu, ludes dilalap api.

Informasi yang dihimpun, tercatat ada sebanyak 30 unit rumah, ruko dan bangunan yang rata dengan tanah.

Peristiwa itu berlangsung hampir selama empat jam. Dari pagi sekira pukul 06.15 WIB, hingga berhasil dipadamkan pukul 10.00 WIB.

Suasana saat api melahap satu per satu ruko dan rumah di Jalan Merdeka, Kelurahan Wek II, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel, Kamis (25/7/2019) pagi. (Samman Siahaan)

Api diduga berasal dari korsleting listrik pada mesin pendingin (kulkas) di toko kelontong milik Sabar Pohan (43). Api begitu cepat membakar satu bangunan ke bangunan dan ruko lain di sekitarnya. Hingga diperkirakan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

Menurut Kapolsek Batangtoru, AKP DMZ Harahap, penyebab terjadinya kebakaran diduga akibat arus pendek (kulkas) diduga dari toko Sabar Pohan.

“Saksi-saksi yang di antaranya Moluk Sihombing (38) dan Papa Alamsyah Harahap (39). Keduanya penduduk Kelurahan wek II yang kita periksa,” katanya.

Suasana saat api melahap satu per satu ruko dan rumah di Jalan Merdeka, Kelurahan Wek II, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel, Kamis (25/7/2019) pagi. (Samman Siahaan)

Dalam peristiwa kebakaran ini, tidak ada korban jiwa. Dalam proses pengendalian kebakaran ini, sedikitnya ada sembilan unit mobil pemadam kebakaran datang membantu untuk memadamkan kobaran api. Dibantu oleh masyarakat, TNI-Polri dan Satpol PP yang turun ke lokasi ini.

Sementara itu, sebagai jalur utama jalan penghubung Sibolga-Padangsidimpuan, sementara arus lalu lintas terhenti sampai proses evakuasi dan pemadaman tuntas. Sedangkan kendaraan kecil lainnya melewati jalan lingkar Batangtoru.

“Ada 31, satu lagi dinding rukonya saja. Tidak ada korban jiwa dan luka, hanya harta benda,” jelas M Yamin Batubara, Camat Batangtoru. (san)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button