Berita

Partai NasDem Buka Penjaringan Balon Bupati Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Partai NasDem membuka pendaftaran untuk bakal calon (balon) Bupati-Wakil Bupati Simalungun untuk Pilkada 2020.  Pendaftaran dibuka selama sebulan, yakni 23 September-23 Oktober 2019.

Sekretaris DPD Partai NasDem Simalungun Bernhard Damanik saat diwawancara mengatakan, formulir pendaftaran dapat diambil di kantor DPD Partai NasDem Simalungun, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar.

Menurut Bernhard, Partai NasDem tidak hanya membuka pendaftaran untuk kader partai. Namun berlaku umum.

“Kita berharap orang yang bersangkutan langsung mengambil formulir pendaftaran ke kantor,” ujarnya.

Disebutkan, untuk pengambilan formulir, yang bersangkutan dapat mengambil formulir untuk balon bupati dan balon wakil bupati.

Adapun tahapan penjaringan ini yaitu, pengambilan formulir pendaftaran dan pengembalian formulir pendaftaran. Selanjutnya, panitia penjaringan melakukan verifikasi berkas pendaftaran dan dilakukan wawancara. Setelah itu, seluruh berkas diserahkan ke DPW Partai NasDem Sumatera Utara (Sumut), dan selanjutnya diserahkan ke DPP Partai NasDem.

“Dalam penjaringan ini, ada beberapa hal yang akan dipertimbangkan Partai NasDem. Seperti tingkat elektabilitas yang dinilai tim survei. Juga komitmen untuk membangun perubahan di Simalungun, serta mengembangkan Partai NasDem,” terangnya.

Bernhard menambahkan, Partai NasDem memang tetap mengutamakan kader. Hanya saja, bila tidak ada yang memiliki kemampuan, maka Partai NasDem memilih balon dari luar partai.

Dengan posisi Partai NasDem yang memiliki 5 kursi di DPRD Simalungun, maka Partai NasDem harus berkoalisi dengan partai politik lainnya agar bisa mengusung satu calon.

“Soal koalisi, itu tergantung dari DPP. Kita di daerah hanya melaksanakan tahapan penjaringan yang diinstruksikan pusat,” kata Bernhard yang telah dihunjuk DPP sebagai Ketua Fraksi NasDem di DPRD Simalungun periode 2019-2024.

22 Kursi Kosong

Partai NasDem membuka pendaftaran calon kepala daerah 2020. Pendaftatan dibuka di seluruh kantor NasDem dari pusat hingga kabupaten atau kota sejak Senin (23/9/2019) sampai Sabtu (23/11/2019) dua bulan ke depan.

“Ke depan ada 270 Pilkada di 2020. NasDem sendiri punya 22 wilayah kursi kosong (tak bisa mengusung) dan 25 wilayah kota dan kabupaten bisa mengusung sendiri, sisanya yang lain kami bisa memberikan dukungan,” kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat.

Willy menyadari tiga kontestasi pilkada sebelumnya, NasDem selalu meraih peningkatan kursi. Willy mengatakan hal itu karena prinsip NasDem yang mengusung diri sebagai partai tanpa mahar.

“Ini tetap menjadi kekuatan NasDem, menjadi platform NasDem 2020,” jelas Willy.

Lebih lanjut kata Willy, pihaknya juga menggandeng delapan lembaga survei dalam menyeleksi calon kepala daerah. Nantinya lembaga survei akan memberikan rekomendasi kepada NasDem terkait kandidat yang akan dipilih.

Di samping itu, Willy juga menyampaikan pihaknya menutup 20 daerah untuk pendaftaran. Sebab, NasDem sudah punya pilihan untuk mengisi kursi di 20 daerah itu.

“Seperti di Lampung di Pesisir Barat, Gorontalo, Batam. Itu tidak kami buka karena peningkatan suara secara signifikan di 2019,” jelas dia. (pra/jpnn)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker