Berita

Partai Demokrat Usung 208 Pasangan Calon Kepala Daerah

JAKARTA, FaseBerita.ID-Partai Demokrat memutuskan untuk mengusung 208 pasangan calon (paslon) kepala daerah di pilkada 2020. Dari jumlah itu, hingga kemarin (19/7) telah diterbitkan 150 surat keputusan (SK) rekomendasi.

Sebanyak 58 paslon sisanya masih dalam proses pendalaman oleh badan pemenangan pemilu (bappilu).

Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief menyampaikan, SK rekomendasi sudah diserahkan ke paslon secara bertahap. Perinciannya, 84 surat rekom telah diterima paslon.

Sedangkan 66 rekom lainnya segera diserahkan oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

”Rencananya diserahkan pekan ini,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Beberapa SK yang akan diserahkan pekan ini merupakan rekomendasi untuk pilkada di Jawa Timur. Salah satunya untuk Kabupaten Lamongan. Meski demikian, Andi belum mau membocorkan sosok yang akan diusung.

Sekretaris Bappilu Kamhar Lakumani menambahkan, pihaknya menerima beberapa usul calon kepala daerah untuk Kabupaten Lamongan dari bawah.

Usul itu mengerucut menjadi dua nama, yaitu Kartika Hidayati yang saat ini menjabat wakil bupati dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan Yuhronur Efendi. Demokrat sudah menetapkan salah seorang di antaranya.

”Siapa yang dipilih, tunggu waktu diserahkan saja,” ujarnya.

Demokrat juga sudah menyerahkan beberapa rekom untuk pilkada di wilayah Jawa Timur. Di antaranya pilkada Gresik, Mojokerto, Sumenep, dan Ngawi. Untuk pilkada Gresik, partai pimpinan AHY itu mendukung pasangan Fandi Ahmad Yani dengan Aminatun Habibah.

Untuk Pilkada Surabaya 2020, Demokrat telah memberikan surat tugas kepada Machfud Arifin untuk mencari pasangan dan koalisi partai.

Surat tugas juga dikeluarkan di pilkada Blitar, Situbondo, dan Tuban. ”Surat tugas diberikan untuk status yang masih mencari pasangan calon. Juga untuk membangun koalisi,” jelasnya. (jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button