Berita

Partai Demokrat Simalungun Buka Penjaringan Calon Bupati

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – DPC Partai Demokrat Kabupaten Simalungun, membuka pendaftaran dan penjaringan Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Simalungun, hingga tanggal 14 Januari 2020.

Hal tersebut diutarakan Ketua Tim Penjaringan Dadang Pramono saat menggelar temu pers di Sekretariat, DPC Partai Demokrat Simalungun, di Jalan Sutomo, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Senin (9/12) sekira pukul 12.00 WIB.

Temu Pers dihadiri Sekretaris Partai Demokrat Simalungun Surya Budi, Ketua Fraksi Demokrat, Johannes Sipayung dan di hadiri 7 anggota DPRD Simalungun dari Partai Demokrat, diantaranya, Walpiden Tampubolon, Andika Sinaga, Deni Darmayanti Naibaho dan Ernasari Purba.

Ketua Tim Penjaringan Dadang Pramono menyampaikan bahwa di Kabupaten Simalungun akan diselenggarakan pesta demokrasi, Pilkada 2020.

Untuk itu, Partai Demokrat salah satu Partai Politik yang memiliki hak untuk mengusung Calon Bupati dan Wakil dan akan berkoalisi dengan partai lain.

“Perlu kita ketahui bahwa Partai Demokrat memiliki 7 Kursi di DPRD Simalungun, sehingga harus berkoalisi dengan Partai lain untuk memenuhi syarat minimal Pencalonan yaitu 20 persen dari jumlah kursi DPRD sebanyak 50 kursi,” ucapnya.

Dadang Pramono menerangkan, Partai Demokrat Simalungun, membuka pendaftaran dan Penjaringan mulai hari ini 9 Desember sampai 4 Januari 2020.

Dadang Pramono menjelaskan pendaftaran tersebut dibagi dua bagian yakni pengambilan berkas formulir dimulai Senin, (9/12) sampai tanggal 23 Desember 2019.

Sedangkan untuk pengembalian atau penyerahan berkas formulir bagi Calon yang tertarik dan berminat membawa Partai Demokrat, diserahkan mulai tanggal 7 Januari sampai 14 Januari.

Lanjut Dadang Pramono, dalam proses penjaringan Balon Bupati wakil Bupati tersebut, pihaknya tentu tidak membatasi, apakah calon dari kader Internal maupun Eksternal.

“Partai Demokrat terbuka untuk semuanya. Artinya Partai Demokrat terbuka untuk siapa saja, pak Amran Sinaga juga kalau mendaftar kita terbuka, tapi bukan sebagai kader lagi tetapi sebagai orang eksternal,” sebutnya.

Diterangkannya, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga telah mengundurkan diri sejak 4 November 2019 dari jabatannya sebagai Wakil Ketua I di DPC Partai Demokrat Simalungun.

Masih Dadang, Partai Demokrat juga akan membuka diri untuk membangun koalisi dengan Partai-Partai lain, sehingga Calon dari Partai Demokrat beserta koalisinya adalah Calon yang bisa mungkin sebagai Pemenang.

“DPC Demokrat akan melakukan verifikasi terhadap seluruh berkas Balon untuk diserahkan ke DPD Sumut dan DPP Demokrat dan kegiatan Fit and Proper test atau penyampaian Visi-Misinya itu akan dilakukan oleh DPD Partai Demokrat Sumut,” terangnya. (Mag-05)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close