Berita

Partai Berkarya dan PBB Batal Sebagai Peserta Pemilu di Humbahas

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Dua Partai Politik (Parpol) di Humbang Hasundutan, yakni Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang (PBB) dipastikan tidak ikut serta dalam perhelatan pesta demokrasi yang akan digelar secara serentak di seluruh penjuru nusantara. Keduanya di diskualifikasi sebagai peserta pimilu 17 April 2019 yang akan datang dikarenakan tidak menyampaikan laporan dana awal kampanye.

Ketua KPU Humbang Hasundutan, Binsar Pardamean Sihombing, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sanksi yang dikenakan terhadap kedua Parpol tadi adalah merujuk pada undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum pasal 338 ayat 1.

Di mana, dalam undang- undang tersebut dikatakan, dalam hal pengurus partai politik peserta pemilu tingkat pusat, tingkat provinsi, dan tingkat kabupaten/ kota tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye pemilu kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU kabupaten/ kota sampai batas yang telah ditentukan, maka partai politik yang bersangkutan dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu.

Baca juga: Nama Dicatut Jadi Pengurus Parpol, Oknum Calon Gagal jadi Anggota KPPS

Sementara, untuk  Partai Bulan Bintang, Binsar mengatakan selain tidak menyampaikan laporan dana awal kampanye, partai tersebut juga tidak memiliki kepengurusan partainya di Humbang Hasundutan.

“Mereka (Partai PBB, red), selain tidak menyampaikan laporan dana awal kampanye, mereka juga tidak punya kepengurusan partai di Humbahas,” ujar Binsar melalui selulernya.

Binsar juga memastikan bahwa keputusan di diskualifikasi terhadap kedua partai tersebut telah final dengan sudah dikeluarkannya Surat Keputusan KPU.

“Ya, itu sudah pasti. SK nya sudah keluar,” singkatnya. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button