Berita

Parkir Liar Marak di Sibolga: ‘Jangan Bayar Kalau Jukir Tak Pakai Atribut’

FaseBerita.ID – Satuan Reskrim Polres Sibolga baru-baru ini menggelar razia juru parkir (Jukir) liar. Dari kawasan Jalan Patuan Anggi, polisi mengamankan seorang pria berinisial HH. Ia diamankan saat memarkir tanpa atribut dan identitas resmi dari UPT Perparkiran Pemko Sibolga.

Kepala UPT Perparkiran Hadi Ariandy Sitanggang menyebut bahwa HH tidak terdaftar sebagai Jukir di bawah pengawasan Dinas Perhubungan Kota Sibolga. Dia juga menegaskan, tidak akan bertanggungjawab terhadap oknum-oknum yang melakukan pengutan liar mengatasnamakan jukir.

“Dia (HH) tidak terdaftar. Makanya, dia gak punya atribut dan kartu anggota parkir. Kalau anggota kita semua dilengkapi atribut dan identitas resmi. Kalau yang begini, kita gak mau tanggungjawab. Karena memang bukan petugas kita,” kata Hadi, Senin (2/3).

Sekilas, mantan Lurah Pancuran Gerobak ini menjelaskan modus jukir liar beraksi. Katanya, mereka memanfaatkan peluang saat petugas resmi sudah pulang. Saat itulah mereka mengutip uang parkir kendaraan di sekitar Terminal Sibolga. Dia juga memastikan, uang tersebut tidak pernah disetor ke UPT Perparkiran.

“Mereka mengutip, setelah petugas kita sudah pulang. Uangnya, gak pernah kita kutip. Kalau petugas kita yang resmi, ada,” ungkapnya.

Hadi mengimbau kepada pemilik kendaraan agar tidak melayani petugas parkir yang tidak dilengkapi atribut dan kartu tanda pengenal. “Kalau ada petugas parkir yang tidak dilengkapi atribut, jangan bayar. Jukir harus punya rompi parkir, kartu tanda pengenal dan karcis,” tegasnya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin jadi juru parkir resmi, untuk melapor ke UPT Perparkiran. “Kalau ada yang mau bekerja, laporkan saja ke kami. Atau ada lapak parkir yang belum resmi, supaya dilaporkan juga. Nanti, kami akan cek dulu lokasinya. Kalau tidak melanggar aturan, kita akan keluarkan surat tugasnya,” imbuhnya.

Amatan, di kota Sibolga masih banyak petugas parkir yang belum mematuhi aturan. Mereka sering tidak memaki atribut parkir. Dan yang paling disayangkan, meski dibekali dengan karcis, jukir acap kali tidak memberikannya kepada pemilik kendaraan. (ts)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker