Berita

Paripurna Tiga Ranperda Humbahas Dijadwalkan Ulang

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Meski rapat DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sempat diskors dua kali sejak Senin (6/5) hingga kamis (9/5), namun rapat dengan agenda pemandangan umum fraksi atas tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang bangunan gedung, rencana induk pembangunan pariwisata dan pengelolaan barang milik daerah, kembali tidak kuorum.

Oleh karenan itu, melalui rapat pimpinan DPRD, paripurna pemandangan fraksi atas tiga Ranperda dimaksud disepakati kembali ke Banmus (Badan Musyarawah) untuk dilakukan penjadwalan ulang paripurna.

Sekretaris DPRD Humbahas, Parlindungan Simamora melalui Kabag Persidangan Tarianus Simatupang kepada wartawan mengakui bahwa Paripurna pemandangan umum fraksi atas tiga Ranperda yang disampaikan pihak eksekutif dikembalikan ke Banmus untuk dilakukan penjadwalan ulang Paripurna.

“Melalui rapat pimpinan DPRD, Paripurna pemandangan umum fraksi atas tiga Ranperda sudah kembali ke Banmus,” ujar Tarianus, Kamis (9/5) di komplek Gedung DPRD Humbahas.

Tarianus menuturkan, sebelum Paripurna dikembalikan ke Banmus, kehadiran dewan terhormat masih minim atau tidak kuorum.

“Dari 25 anggota DPRD, yang hadir sebanyak 12 orang, tidak hadir sebanyak 13 orang. Dari yang tidak hadir, izin tiga orang dan tanpa keterangan 10 orang,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit saat membuka Paripurna, terlebih dahulu mempertanyakan kehadiran DPRD kepada Sekwan yang diwakili Kabag Persidangan, Tarianus Simatupang.

Mengetahui tingkat kehadiran anggota DPRD tidak memenuhi kuorum, dalam forum tersebut, Ketua Manaek Hutasoit yang tidak didampingi dua wakil ketua itu, menyampaikan agar rapat dilanjutkan dengan rapat pimpinan DPRD.

“Sesuai tatib DPRD, Paripurna yang tidak memenuhi kuorum akan dilanjutkan rapat dengan unsur pimpinan. Rapim DPRD itu pengambilan kembali jadwal Paripurna,” ujar Manaek seraya menutup Paripurna.

Sementara, Paripurna yang yang mengagendakan pemandangan umum fraksi tersebut juga tidak dapat dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjanahor dan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora.

Tonny Sihombing, Sekda Humbahas mengutarakan, Bupati Humbahas sedang mengikuti Musrenbang Nasional di Jakarta. Sementara Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora, sedang tidak sehat dan sedang dirawat di Medan.

Ketua DPRD Humbahas yang juga ketua Banmus Manaek Hutasoit menyebutkan bahwa berdasarkan keputusan rapat Banmus, Jumat (10/5) telah menjadwal ulang rapat paripurna dimaksud, pada Senin (13/5).

“Banmus telah membuat jadwal ulang pada hari Senin,” kata Manaek melalui selulernya. (sht/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button