Berita

Paripurna Hak Angket Selama Sidang, 3 Anggota DPRD Siantar Ini Tak Pernah Hadir

SIANTAR, FaseBerita.ID – Meski pembahasan hak angket sudah berlangsung sebanyak tiga kali, namun tiga Anggota DPRD Siantar yakni  Astronout Nainggolan, Nurlela Sikumbang dan Arif, tidak pernah mengikuti rapat tersebut.

Ketidakhadiran mereka menuai kecaman dari Wakil Ketua DPRD Mangatas Silalahi. Sementara alasan ketiganya tidak menghadiri rapat adalah, Astronout Nainggolan sakit, Nurlela Sikumbang beralasan tidak menandatangani hak angket, dan Arif tidak dapat dihubungi.

Wakil Ketua DPRD Siantar dari Fraksi Golkar itu mengatakan, selama rapat paripurna, ketiga anggota Dewan itu tidak pernah hadir. Padahal, menurut peraturan, ketiganya telah melanggar disiplin karena sudah tiga kali tidak menghadiri rapat paripurna.

“Memantau dan mengevaluasi disiplin sebagaimana dimaksud pada Ayat 1 huruf a dilakukan antara lain; dengan menghimpun daftar kehadiran anggota DPRD dalam rapat-rapat DPRD dan dilaporkan kepada pimpinan DPRD dan tembusan kepada partai politik melalui fraksi,” ujar Mangatas sembari membacakan peraturan peraturan disiplin DPRD tersebut.

“Bukan soal rapatnya. Ini rapat paripurna pula. Sedangkan dalam rapat biasa saja tidak hadir dihitung. Ini sampai tiga kali tidak hadir. Harus kita tindaklanjuti ini,” ujarnya.

Terpisah, Badan Kehormatan Dewan Deddy Putra Manihuruk saat dikonfirmasi perihal ketiga anggota Dewan yang sudah tiga kali tidak menghadiri paripurna, mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti dan melihat absen terlebih dahulu.

“Nanti akan kita tindak lanjuti dan kita lihat dulu absennya. Kita juga akan mempertanyakan langsung apa alasan mereka tidak hadir,” ujarnya sembari mengatakan kalau Astronout sedang sakit. (Mag 04)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button