Berita

Panwas Kecamatan dan Panwas Desa di Simalungun Dinonaktifkan

FaseBerita.ID – Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa di Kabupaten Simalungun untuk sementara dinonaktifkan.

Berdasarkan Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 0252, maka terhitung 31 Maret 2020, Pengawas Ad Hoc untuk sementara dinon aktifkan.

Penonaktifan ini diambil sebagai salah satu Kebijakan Strategis Bawaslu RI guna mendukung kebijakan Pemerintah RI yang sangat serius menangani pencegahan perserabaran wabah virus Covid-19.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Simalungun M Adil Saragih menjelaskan, terdapat 96 Pengawas Kecamatan, 413 Pengawas Kelurahan dan Desa yang berpartisipasi mengawal proses demokrasi yang bernama Pilkada Serentak 2020.

“Saya sangat mengapresiasi niat dan tindakan baik dan mulia para pengawas Ad Hoc yang mau ikut ambil bagian dalam proses demokrasi ini. Tidak seorangpun diantara kita yang menduga bahwa wabah virus Covid- 19 akan datang menyusuri seluruh wilayah permukaan bumi ini dimulai dari kota Wuhan sampai ke tempat kita masing-masing,”katanya.

Dijelaskan Adil, salah satu dampaknya adalah penundaan beberapa Tahapan Pilkada 2020 oleh KPU, dan pada tingkat internal Bawaslu terjadi penonaktifan sementara Pengawas Ad Hoc.

Bahwa Penonaktifan Sementara Pengawas Ad Hoc ini adalah sebagai salah satu bagian untuk memerangi wabah virus COVID 19 dan mengurangi penyebaran di wilayah masing-masing.

“Saya mengajak kita semua Pengawas Ad Hoc mari kita taati dan laksanakan anjuran pemerintah untuk bekerja di rumah, beribadah di rumah dan belajar di rumah,” katanya.

Ditambahkan Adil, walapun Pengawas Ad Hoc di-non aktifkan, pengawasan jalan terus.

“Artinya, pengawasan  tidak lantas berhenti meskipun tahapan ditunda. Pengawasan justru dibutuhkan karena masa penundaan memunculkan hal-hal yang perlu dilakukan kepastian, pencegahan dan peningkatan informasi bagaimana situasi terkini untuk menyusun pelaksanaan pemilihan selanjutnya. Semakin lama ditunda tahapan akan semakin membutuhkan pengawasan,” katanya. (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button