Berita

Pangulu Didorong Tingkatkan Inovasi Desa

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Acara sosialisasi Bursa Inovasi Desa dilaksanakan di gedung pertemuan (Harungguan) Kantor Camat Sidamanik, Jumat (18/10/2019). Sosialiasi itu bertujuan untuk meningkatkan pembangunan desa dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Acara sosialisasi Bursa Inovasi Desa cluster III ini dihadiri enam kecamatan yakni, Sidamanik, Dolok Pardamean, Jorlang Hataran, Dolok Panribuan dan Girsang Sipangan Bolon. Hadir juga Kadis DPMN Simalungun Elvizar, serta para camat dan pangulu serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Saiful Bahri Simamora selaku dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Simalungun menyampaikan bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tahun anggaran 2019 digelar bertujuan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat melalui pengembangan agro wisata, memanfaatkan lahan menciptakan cadangan air di nagori bila musim kemarau. Kemudian memanfaatkan rawa menjadi kolam ikan, kotoran ternak menjadi biogas dan kotoran sapi menjadi pupuk bokashi.

Saiful berharap agar seluruh Pangulu dapat mengadakan musyawarah dengan masyarakat, karena Dana Desa tahun 2020 akan bertambah anggarannya. “Jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

Selain itu, dalam program inovasi desa, masyarakat diharapkan mampu mengolah kecap manis dari air kelapa. Banyak masyarakat hanya memanfaatkan sabut kelapa, daging kelapa dan tempurungnya saja. Padahal air kelapa bisa dimanfaatkan menjadi kecap manis yang berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat. Acara sosialisasi tersebut ditutup oleh Camat Sidamanik Juliana. (tom)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button