Berita

Pangulu Ambarisan Salurkan BLT Kepada 50 Warga Terdampak Covid-19

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Pangulu Nagori Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 50 warga terdampak Covid-19, Sabtu (23/5/2020) sekira pukul 09.00 WIB.

Penyaluran dana BLT tersebut dilaksanakan di Huta I, Kantor Pangulu Ambarisan, sesuai dengan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan, mengatur jaga jarak dan mengikuti budaya antri.

Penerima BLT juga tampak tenang dan merasa senang, tidak ada riak-riak karena dana BLT tersebut sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh Kementrian Desa (Kemendes) sebesar Rp 600 ribu per orang.

Pangulu Nagori Ambarisan, Raslan Purba saat diwawancarai, disela-sela pembagian dana BLT itu menerangkan bahwa dana BLT sebesar Rp 600 disalurkan selama 3 bulan atau 3 tahap.

Menurut Raslan Purba, hal tersebut sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementrian Desa, bahwa nagori wajib menganggarkan BLT dana desa untuk warga terdampak Covid-19.

“Kita dari tim relawan yang dibentuk di Nagori Ambarisan ini sebanyak 34 orang dan melalui musyawarah khusus Nagori sebanyak 3 kali menetapkan penerima BLT sebanyak 50 orang,”ujarnya.

“Maka pada hari ini, penyalurannya dilaksanakan di tahap pertama yaitu Rp 600 ribu, tahap kedua bulan juni dan tahap ketiga di bulan Juli Rp 600 ribu juga sehingga totalnya Rp 1,8 juta per orang,”sambungnya.

Lanjut Raslan Purba bahwa dampak Covid-19 tentu sangat meluas konteksnya tetapi dengan hasil musyawarah khusus Nagori, mudah-mudahan apa yang sudah diputuskan melalui musyawarah tersebut sudah objektif dan tepat sasaran.

Bantuan lain yang sudah disalurkan yaitu bantuan dari Kementrian Sosial melalui PT Pos, disebut bantuan Sosial Tunai (BST), sudah direalisasikan untuk Nagori Ambarisan sebanyak 71 orang, Jumat (22/5/2020).

Selain itu sebut Raslan Purba, Pemkab Simalungun 2 minggu yang lalu sudah menyalurkan paket sembako sebanyak 75 paket dan langsung disalurkan kepada 75 Kepala Keluarga (KK).

“Kita dengar juga bahwa akan ada bantuan paket sembako dari Provinsi Sumut, mungkin di Kecamatan Sidamanik akan direalisasi ditanggal 28 atau 29 Mei, sehabis lebaran. Kita juga coba atasi dengan mendaftarkan nama yang tidak menerima BLT dana desa dan BST kita coba untuk menerima paket sembako itu,”pungkasnya.

Kapolsek Sidamanik, Iptu E Nababan yang berada disamping Pangulu Ambarisan dan anggota Koramil 17, Serda Dino Wahyudi saat dikonfirmasi, mengatakan kegiatan penyaluran BLT Dana Desa tersebut tetap kondusif dan tidak ada gejolak.

“Sampai hari ini kita bekerjasama dengan Pangulu memonitoring apa yang diprogramkan oleh Pemerintah, sampai saat ini tetap kondusif dan tidak ada gejolak, semoga saja Covid-19 ini bisa terabaikan dari hidup kita,”singkatnya.

Hotmaria boru Simarmata (75) dan Lumna boru Haloho (73) saat dimintai tanggapannya,  sangat bersyukur atas bantuan yang disalurkan untuk keperluan hidup bagi warga.

“BLT yang kami terima Rp 600 ribu, uang ini kami pergunakan untuk keperluan kami sehari-hari, kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah, semoga rezeki bertambah dan kita semua sehat-sehatlah,”ucap kedua nenek itu.(mag-05/fi)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close