Berita

Ops Lilin 2019 Digelar 11 Hari, Masyarakat Diimbau Patuh Aturan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Persiapan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2019 Polres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu akan berkunjung meninjau tempat-tempat rawan seperti Terminal dan Pelabuhan.

Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2019 akan dilaksanakan selama 11 hari dimulai, Senin (23/12/2019) sampai Jumat (2/1/2020) dengan mendirikan delapan Pos Pengamanan (Pospam) dan 1 Pos Pelayanan (Posyan).

Demikian diutarakan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu melalui Kabag Ops Kompol Widodo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/12).

“Operasi Lilin 2019 dilaksanakan selama 11 hari. Mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020. Kalau Pospam ada delapan dan Posyan satu,” ujarnya.

Kompol Widodo menjabarkan, Posyan didirikan di Pantai Bebas, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Perdagangan, Serbelawan, Tanah Jawa, Dolok Pardamean dan di perbatasan Siantar, Simpang Dua.

“Pospam ada di dekat Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) di Pelabuhan Tigaras. Kemudian di perbatasan dengan Siantar. hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di Simpang Dua termasuk di Tanah Jawa ada Pos Pantau karena jembatan longsor. Kalau tidak dicek, rawan juga itu,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2019, pihaknya tidak hanya melakukan penertiban lalu lintas. Tetapi termasuk pengamanan gereja-gereja, tempat-tempat berbahaya dan mengantisipasi rawan longsor.

“Kegiatan ini kan dalam rangka pengamanan menjelang hari Natal dan Tahun Baru. Jadi tidak hanya menertibkan lalu lintas bagi pengemudi, tetapi kita juga mengantisipasi tempat-tempat berbahaya, rawan longsor dan pengamanan gereja-gereja,” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan Operasi Lilin, Kapolres Simalungun akan berkunjung ke tempat-tempat berbahaya, seperti di jembatan Putus Tanah Jawa, Terminal dan Pelabuhan Tigaras.

“Mungkin hari Jumat kami ada kunjungan dengan Kapolres bergabung dengan BNN ke objek-objek yang paling rawan seperti terminal untuk memantau cek kendaraan, tes urine terhadap pengendara dan Pelabuhan Tigaras. Itu kan rawan. Nanti kita cek dengan Dinas Perhubungan dan Syahbandar mengenai kelengkapan kapal dan lainnya,” imbuhnya.

Widodo menambahkan seharusnya gelar pasukan dilaksanakan Jumat (20/12). Tetapi dimajukan menjadi Kamis (hari ini, red), lantaran informasinya Kapolri dan panglima akan datang ke Medan untuk gelar pasukan operasi lilin 2019.

“Harapan kita, selama masa operasi lilin 2019 nantinya masyarakat mematuhi aturan. Jika ada imbauan dan pengalihan jalan, ikuti aja dan saling menghargai pengguna jalan,” pungkas perwira berpangkat satu melati emas di pundaknya itu. (Mag-05)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker