Berita

Operasi Patuh Toba 2019 di Sibolga: Targetkan Pengendara Menggunakan HP

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Bagi pengendara yang suka main handphone (HP) saat berkendara, agar berhati-hati. Karena, Satuan Lalu Lintas Polres Sibolga akan menggelar Operasi Patuh Toba 2019. Salah satu yang menjadi target operasi yakni pengendara yang suka menggunakan HP saat berkendara.

Apel gelar pasukan dilakukan di lapangan apel Mapolres Sibolga, Kamis (29/8/2019). Dengan tema siap melaksanakan tugas meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas dalam rangka cipta kondisi, hasil keputusan mahkamah konstitusi di wilayah Kota Sibolga.

Selain pengendara yang menggunakan HP, pengemudi yang masih di bawah umur juga menjadi salah satu target. Kemudian, pengemudi yang dalam keadaan mabuk dan tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt. Target selanjutnya, pengendara sepedamotor yang tidak menggunakan helm standart atau SNI, mengemudi diluar batas kecepatan, melawan arus dan menggunakan lampu rotator/strobo.

Dalam amanatnya, Kakor Lantas yang dibacakan oleh Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja, yang juga bergerak sebagai Inspektur Upacara, menjelaskan tujuan dilaksanakannya gelar pasukan, untuk mengecek sejauh mana kesiapan personil dan sarana lainnya untuk optimalisasi keberhasilan operasi.

“Kemudian, guna mengantisipasi permasalahan lalu lintas perlu dilaksanakan upaya menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas dengan memberdayakan Stake Holder. Agar dapat diambil langkah yang Komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi bersama dengan instansi pemerintah dalam rangka membina dan memelihara Kamseltibcar Lantas,” jelasnya.

Operasi patuh Toba 2019 direncanakan akan dilaksanakan selama 14 hari, tepatnya hingga 11 September 2019, serentak di seluruh Jajaran Polda.

“Operasi ini adalah guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dengan upaya Gakkum terhadap pelanggar lalu lintas,” ungkapnya.

Adapun yang hadir pada ucapara gelar pasukan tersebut yakni, perwakilan Dandrem 023/KS Mayor Arwin. Kabag Ren Polres Sibolga Kompol Kamaluddin Nababan. Kemudian, Kabag Sumda Polres Sibolga Kompol Irianto, mewakili Dandenpom I/2 Kapten CPM Brata, Kabag Ops Polres Sibolga Akp Ronson Sihombing, Kasat Reskrim Polres Sibolga AKP Dahrun Harahap, Kasat Sabhara Polres Sibolga AKP Agus Adhitama.

Kemudian, Kasat Lantas Polres Sibolga AKP Khairul Akbar Lubis, Kasat Pol Air Polres Sibolga AKP Marudut Sihombing, Kasat Narkoba Polres Sibolga Iptu Rudi Hartono Uluan Josep Sitorus. Kasat Intelkam Polres Sibolga Iptu Jonel Situmorang, Kasat Binmas Polres Sibolga Iptu Daniel, Kapolsek Sibolga Selatan Iptu Bremer Hulu. Kapolsek Sambas Iptu Royamber Panjaitan dan Kadis Dinas Perhubungan Marajahan Sitorus.

Pelaksanaan Operasi Toba 2019 resmi dilaksanakan, ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres  kepada masing-masing perwakilan instansi terkait. (ts/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close