Berita

Operasi Lilin Toba 2019 di Sibolga-Tapteng Dimulai

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Dalam rangka menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, polisi menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2019, guna menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan perayaan hari besar keagamaan. Acara gelar pasukan sebagai pertanda dimulainya operasi, dilaksanakan di lapangan apel Polres Sibolga, Kamis (19/12).

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Sibolga yang baru, AKBP Triyadi. Dan upacara tersebut merupakan kegiatan pertama Kapolres setelah dipercaya menggantikan Kapolres sebelumnya AKBP Edwin Hariandja. Adapun tema Operasi tahun ini, melalui apel gelar pasukan opreasi lilin toba 2019, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah hukum Polres Sibolga.

Dalam amanatnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, yang dibacakan oleh Kapolres menekankan kepada personil agar melakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titik kerawanan secara tepat. Serta mengoptimalkan penggalangan.

“Tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Pastikan setiap personil hadir sesuai ploting serta pahami tugas dan tanggung jawabnya. Kemudian, laksanakan pengamanan secara profesional, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui body sistem. Dan mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan tugas operasi,” tegasnya.

Amatan, hadir pada acara tersebut, Dandenpom I/2 Sibolga yang diwakili Kapten CPM Brata, Dandim 0211/TT yang diwakili Kasdim Mayor Inf H Sitorus, Kadishub Kota Sibolga Marajahan Sitorus dan Sekretaris Satpol PP Sibolga Faisal Fahmi Lubis. Kemudian, para Kabag, Kasat, Kapolsek sejajaran Polres Sibolga.

Dimulainya operasi ditandai dengan penyematan pita operasi pada perwakilan peserta apel oleh Kapolres Sibolga.

Polres Tapteng Siapkan Pos Pantau

Tak hanya di Kota Sibolga, Operasi Lilin Toba 2019 juga dilakukan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal itu ditandai dengan apel yang digelar di Polres Tapteng pada Kamis (19/12) pukul 09.30 WIB.

Apel dipimpin oleh Inspektur Upacara Letkol Inf Dadang Alex SSos, didampingi Kapolres Tapteng AKBP Sukamat, Waka Polres Kompol Kamdani, Perwira Upacara Kompol Yengki Deswanto dan Komandan Upacara AKP Tony Simanjuntak.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat mengatakan, untuk mengamankan arus mudik Natal dan Tahun baru, telah mempersiapkan pos pelayan di Pantai Bosur Pandan dan Bandara Pinangsori. Dan untuk pos pantau ada dua, yakni di Poriaha dan Barus.

Operasi Lilin Toba 2019 dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai dari Tanggal 19 Desember 2019 Sampai dengan 1 Januari 2020, dengan mengarahkan 64 Personil Polri, dibantu Unsur TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Kita juga sudah tempatkan personil gabungan untuk mengamankan ibadah Natal di beberapa geraja dan lokasi arus mudik serta lokasi wisata. Adapun geraja yang menjadi prioitas utama ada 27 geraja yang menjadi titik pengaman rumah ibadah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.”

Selain itu, sasaran pengaman Operasi LiLin Toba Juga difokuskan pada kegiatan masyarakat, yakni malam Misa Natal dan pergantian tahun. Khusunya daerah Pandan yang menjadi lokasi puncak perayan Natal dan Tahun Baru.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, mari bersama-sama kita ciptakan suasana kondusif. Bagi yang merayakan Natal, saya Kapolres Tapteng AKPB Sukamat dan jajaran mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru,” tukasnya.

Dan bagi rekan-rekan dan saudara-saudara yang tidak merayakan Natal dan Tahun Baru, lanjutnya, agar sekiranya dapat menjaga suasana yang kondusif guna menjadikan Kabupanten Tapanuli Tengah wilayah yang aman dan tentram. (ts/tam)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button