Berita

OMK Raya Youth Day 2019: “Jadilah Kepadaku Menurut Kehendak-Mu”

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Pada zaman ini banyak Orang Muda Katolik (OMK) mulai meninggalkan nilai-nilai Kristiani dalam praktek hidup mereka. Menanggapi situasi ini, Gereja Katolik terus berupaya meneguhkan iman OMK.

Kegiatan berkala untuk menggerakkan Kaum Muda terus diupayakan, baik pada tingkat dunia, keuskupan, dan paroki-paroki. OMK Paroki Pamatang Raya kali ini dalam pertemuan OMK Raya Youth Day VI mengambil Thema: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkatanMu” (Lukas 1:38).

Pertemuan OMK Paroki Santo Stefanus Martir Pamatang Raya ini disebut “Raya Youth Day” yang sebelumnya disebut Pesta OMK setiap tahun. Raya Youth Day diadakan pada 4-7 Juli 2019. Kegiatan ini dirancang untuk meneruskan pesan keluarga yang memasyarakat sesuai dengan tema fokus pastoral KAM.

Pada kegiatan ini OMK ditantang untuk memahami hidup bermasyarakat berdampingan dengan suku, agama dan golongan lain.

Hari pertama peserta yang mengikuti live in sekitar 50 orang mengikuti ibadah pembuka yang langsung dibawakan RP Togu Nestor selaku Parokus Pamatang Raya. Kemudian peserta dibagi ke dalam 3 rayon yang telah dihunjuk untuk mengikuti live in.

Dalam kegiatan live in ini, peserta tinggal bersama keluarga baru untuk hidup bersama. Kegiatan malamnya mereka mengadakan Doa & Ngopi yang dipandu oleh pengurus Stasi dan Katekis Generasi Muda.

Hari kedua peserta live in mengikuti gotong royong ala OMK di tempat live in. Peserta beserta OMK dan aparat desa membersihkan parit gereja dan parit jalan raya tempat mereka live in. Selesai gotong-royong mereka kembali bersama keluarga baru untuk mengikuti apa saja kegiatan sehari-hari keluarga barunya.

Malam perpisahan dengan keluarga baru, mereka adakan di gereja stasi live in dengan berbagi pengalaman kesan dan pesan yang mereka dapat selama live in, baik peserta live in juga orangtua angkat.

Pada Hari ketiga peserta kembali diantar ke paroki untuk mengikuti pawai kebersamaan beserta OMK yang tidak mengikuti live in.

Dalam Pawai kebersamaan sekitar 250 orang OMK mengikuti kegiatan ini, dan undangan dari pemuda gereja tetangga. Pawai ditandai dengan pelepasan burung merpati sekaligus pengarahan dari Parokus, juga Kapolsek Raya Pamatang AKP R Sinaga, turut serta dan memberikan motivasi kepada OMK yang hadir.

Selesai pawai kegiatan diisi dengan seminar bahaya penggunaan Narkoba oleh BNN Kabupaten Simalungun. Para peserta serius dan terjadi tanya jawab yang sangat hangat.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan kegiatan pertandingan, antara lain: koor, kuis, fashion show budaya Simalungun, mazmur putra putri, Futsal Putra dan Volly Putri. Kegiatan berlangsung hingga hari ke empat.

Perayaan puncak diadakan misa bersama yang dipimpin Parokus Pamatang Raya RP. Togu Nestor Sinaga OFMCap, dengan konselbran RP. Andreas Win Turnip OFMCap.

Dalam kotbahnya Pastor Win mengatakan, agar OMK tetap siap dari “serangan serigala”, salah satunya adalah karena cemburu.

Namun jadilah seperti bunda Maria jadilah menurut perkatan-Mu, kemanapun diutus selalu siap jika kita mengandalkan Tuhan. Menjadi OMK harus jadi pemberani dan hidup penuh sukacita. (rel)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close