Berita

Oknum Petugas KSOP TBA Diduga Lakukan Pungli

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID-Oknum petugas Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) TBA berinisial HB dan MH, diduga melakukan pengutipan liar (pungli) dalam pengurusan izin tangkahan.
Hal ini terkuak saat kepala KSOP bersama petugas sidak ke Gudang Usaha Baru (Gudang BD) di Jalan Patin Lingkar Lingkungan I Kelurahan Kapias Pulau Buaya Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai, Selasa (8/9/2020).

Pengurus gudang Boby mengungkapkan, semula ada datang petugas memakai baju KSOP mendatangi gudang, menyerahkan izin rekomendasi. Izin rekomendasi itu katanya mau dimasukkan ke OSS. Namun, oknum petugas meminta Rp500 ribu sebagai biaya pengurusan.

“Saya bilang ya sudah lah bang yang penting keluar. Ini aku fotokan rekomendasinya tanggal 13 Maret 2020 sama petugas yang memakai baju KSOP tersebut. Orangnya gemuk-gemuk hitam,” kata Bobi.
Kepada Kepala Syahbandar, Bobi menjelaskan dirinya selalu mengurus izin setiap tahun kepada MH atau HB.

“ Tiap tahun ada saja mengutipnya pak untuk pengurusan izin tangkahan tersebut berpakaian Syahbandar. Kita dikasih surat izin rekomendasinya dan kita kasih duit sama mereka. Karena dia tahu izin tangkahan kita mati. Ketika dia datang diurus mau tidak, mau lah bang. Tidak mungkin kita tidak mau,” terang Bobi.
Bobi mengaku curiga dengan kedua oknum tersebut.
“MH baru sekali ini saja kalau HB sering-sering kemari,” ungkap Bobi.

Dibantah

Terkait dugaan pungli, dibantah HB saat dikonfirmasi wartawan. Melalui selluler HB mengatakan tidak ada menerima Rp.500 ribu saat pendataan gudang.
“Izinnya itu memang belum keluar,”ujarnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) TBA Afrizal Tanjung mengatakan memang pernah memerintahkan untuk menata ulang tangkah-tangkahan, bukan untuk perizinan. Surat tangkahan itu bukan izin tangkahan, tapi rekomendasi untuk pengurusan izin tangkahan.
“Jika ada oknum dari pihak syahbandar melakukan pengutipan kita akan panggil dan proses pihak yang bersangkutan benar atau tidaknya,”pungkasnya.(ck04/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button