Berita

Odong-odong di Taman Bunga Pematangsiantar Bikin Macet

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kehadiran odong-odong di Pematangsiantar disambut bahagia oleh masyarakat. Namun, belakangan, usaha ini justru semakin memprihatinkan. Khususnya bagi pengguna jalan.

Bisnis odong-odong tersebut membuat jalanan macet. Khususnya menjelang sore hari. Animo masyarakat untuk menaiki odong-odong juga masih tinggi. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Namun, meski kehadiran odong-odong cukup diminati masyarakat, belum sepenuhnya mendapat restu dari masyarakat banyak, karena kondisi jalan sering macet. Nisalnya di beberapa perempatan jalan. Sehingga masyarakat mulai resah. Hal itu dikarenakan bodi odong-odong cukup besar dan panjang sekitar 6 meter.

“Jumlah odong-odong yang beroperasi akhir-akhir ini makin bertambah. Urus izinnya itu dimana ya. Terus, SIM yang dipakai, yang mana?,” kata Raju Purba (23) warga Siantar, Rabu (6/11/2019).

Dia juga mempertanyakan odong-odong tersebut masuk kategori kendaraan roda berapa. “Sebenarnya odong-odong itu termasuk kendaraan roda berapa? Dan jenis SIM-nya bagaimana?. Seperti yang kita tau, Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dikeluarkan kepolisian seperti SIM A, SIM B I, SIM B II, SIM C. Nah, kalau SIM untuk odong-odong yang mana,” ujarnya dengan nada bertanya.

“Aku juga penasaran, apabila pengemudi odong-odong ada yang melakukan pelanggaran lalulintas, kira-kira jenis surat-surat yang harus dikeluarkan seperti apa?,” tanyanya kembali.

Menyikapi pernyataan warga, Kasat Lantas Polres Siantar AKP Septian Dwi Ranto melalui Plh Humas Polres Siantar Aipda Napena Karo-karo, Kamis (7/11/2019) mengaku belum bisa menerangkan perihal surat-surat odong-odong dimaksud.

“Kalau untuk SIM, kita bingung menjelaskannya. Karena itu termasuk wahana permainan. Tapi yang sering dikeluhkan warga adalah odong-odong itu katanya sering bikin macet. Nah, kalau sudah begitu (macet, red) akan kita tertibkan. Bahkan, tidak kemungkinkan akan kita amankan,” ujar Aipda Napena Karo-karo saat ditemui di ruang kerjanya.

Pantauan wartawan, kondisi tepat di Taman Bunga Pematangsiantar, Jalan WR Supratman tepat di sekitar Siantar Hotel sering kali membuat resah pengendara di sana.

Dalam kesempatan itu salahseorang pelaku bisnis di Siantar mengaku kesal. Karena sebelum kehadiran odong-odong, jalanan tersebut lancar.

“Benar bang. Padat sekali jalan itu dibuat odong-odong ini. Bukan itu saja. Odong-odong melintas bukan hanya disini saja. Sering kali juga membuat macet di pinggiran jalan daerah lain,” ujarnya.

Memang turut memprihatinkan juga, dampaknya pada pengendara bermotor. Kejadian ini sudah sering disinggung oleh pihak-pihak terkait supaya Kota Siantar terhindar dari kemacetan. (Mag-05/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close