Berita

Nyaru Jadi ABK, Polisi Ungkap Peredaran Narkoba di Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) berhasil mengungkap peredaran narkoba dari salah satu tempat kos-kosan di Jalan Sibolga Baru, Kelurahan Pancuran Gerobak, Sibolga Kota, Senin (26/8/2019). Dari pengungkapan tersebut, satu tersangka berikut barang bukti diamankan dan satu tersangka melarikan diri.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat melalui Paur Humas Iptu Rensa Sipahutar memaparkan, pihaknya lewat Kasat Narkoba Polres Tapteng AKP Martoni mendapat informasi dari warga tentang adanya peredaran narkoba di wilayah mereka. Menerima informasi tersebut, Kasat langsung memerintahkan personilnya untuk melakukan penyelidikan. Dan setelah dicek, diketahui laporan warga tersebut memang benar.

Kemudian, kata Rensa, pihak Satres Narkoba Polres Tapteng langsung menindaklanjutinya dan membentuk tim untuk melakukan pengungkapan.

“Begitu dapat informasi, pihak Satres Narkoba langsung mengeceknya. Dan ternyata benar. Baru kemudian menyusun rencana untuk mengungkap laporan warga tersebut,” ungkap Rensa.

Uniknya, untuk mengelabui tersangka, petugas menyaru sebagai ABK (Anak Buah Kapal) yang datang dari Aceh dan ingin membeli narkoba. Dan kemudian melakukan transaksi di sebuah kos-kosan, yang dihuni tersangka dan dijadikan sebagai lokasi penyalahgunaan narkotika.

“Lokasinya di lantai dua kos-kosan yang berada di Jalan Sibolga Baru, Sibolga Kota. Di situ tim dari polres kita melakukan penyamaran untuk mengungkap dan menangkap tersangka,” ujarnya.

Mulanya, petugas sempat bertransaksi dengan satu tersangka bernama Benni Hutagalung yang menghuni kos-kosan tersebut. Kemudian, petugas berpura-pura agar narkoba jenis sabu yang dibeli dipakai di tempat itu. Dan tanpa curiga, tersangka mengarahkan petugas ke sebuah kamar kosong, di situ Benni meminta kepada temannya Armansyah Sinaga untuk menyiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk memakai sabu.

Setelah tahu kedua tersangka berada di kamar tersebut, petugas memberi kode kepada petugas lainnya yang sudah bersiap-siap di sekitar lokasi. Selang dua menit, sejumlah petugas langsung menggerebek dan berusaha mengamankan tersangka.

Sayangnya, tersangka atas nama Benni Hutagalung, diakui petugas berhasil kabur. Alhasil, hanya Armansyah Sinaga yang ditangkap.

“Saat digerebek pihak kita, satu tersangka bernama Benni Hutagalung melompat dari kos-kosan dan melarikan diri. Dan satu tersangka berhasil kita amankan,” ungkapnya.

Dari pengungkapan tersebut, selain mengamankan satu tersangka, pihak Polres Tapteng mengamankan berbagai barang bukti yaitu satu plastik kecil bening berisi sabu seberat 0,10 gram, satu buah bong (alat hisap sabu), sebuah manis, sebuah sendok dan pipet, satu buah kaca dan uang tunai sebanyak Rp167 ribu. (yza)

iklan usi



Back to top button