Berita

Non-Reaktif, 1 Petugas di RSUD Dolok Sanggul Terkonfirmasi Covid-19

FaseBerita.ID – Seorang tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas) terpapar covid-19. TT, wanita berusia 45 tahun, warga Dolok Sanggul yang sehari-harinya bertugas di bagian Radiologi diketahui terkonfirmasi covid 19 berdasarkan hasil Pemeriksaan PCR swab di RSUD Tarutung, Jumat (28/8/2020).

Hotman Hutasoit, Juru bicara gugus percepatan penanganan covid-19 Humbahas mengatakan, sebelumnya pasien memiliki riwayat perjalanan dari Medan. TT berobat ke RSUD Dolok Sanggul karena mengalami demam serta asam lambung naik pada tanggal 25 Agustus lalu.

TT dirawat inap (Opname) setelah terlebih dahulu dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif. “Tanggal dua puluh enam, TT dirawat (Opname) setelah dilakukan rapid test. Hasilnya, non reaktif,” terang Hotman melalui sellulernya, Minggu (30/8/2020).

Petugas melakukan photo torax terhadap pasien dan menemukan bercak di sebelah kanan, sehingga dilakukan pengambilan swab dan mengirimkannya ke RSUD Tarutung, sebagai RSU rujukan covid-19. Hasilnya, TT positif terkonfirmasi covid-19. “Tanggal dua puluh delapan, hasil PCR swab TT, keluar. Hasilnya positif terkonfirmasi Covid-19,” terangnya.

Menurut Hotman, pasien telah dirujuk ke RSU Pringadi, Medan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Pihaknya juga telah melakukan tracing serta pengambilan sampel swab terhadap keluarga TT dan orang yang pernah kontak dengan pasien yang kini tengah menunggu hasil pemeriksaan. “Sampai saat ini hasilnya belum keluar,“ sebutnya.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo Humbahas itu juga menjelaskan bahwa pihak RSUD Dolok Sanggul juga kini tengah melakukan hal yang sama untuk mencegah virus mematikan tersebut meluas di Humbahas.

Berkaca dari situasi tadi, Hotman mengimbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

“Untuk itu kepada masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan, mari kita tegakkan protokol kesehatan! Pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” imbaunya. (Sht)





Back to top button