HUT RI
Berita

Nihil, Pencarian Korban Diterkam Buaya Dihentikan

LABURA, FaseBerita.ID-Pencarian Ponidi, korban diterkam buaya resmi di hentikan oleh warga dan tim pencari, Kamis (30/7/2020).

Selama lima hari melakukan pencarian oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Labura, Basarnas dan  BKSDA  terhadap Ponidi yang hilang diterkam buaya, Minggu (26/7/2020) lalu saat memamen sawit di daerah Parit Cina  Desa Simangalam Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Tim dibantu pihak kepolisian dan masyarakat melibat kan pawang buaya telah di laksanakan selama lima hari dengan menelusuri dan menyisir alur sungai Parit Cina hingga ke muara persimpangan/pertemuan alur sungai Aek Natas,sungai Kualuh dan sungai Simangalam dengan menggunakan perahu/boat mesin bahkan melibatkan pawang buaya hingga malam Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M.

Edi Prayetno selaku Kepala dusun Parit Cina /Tanjung Selamat Desa Simangalam mengatakan, pencarian telah di lakukan selama lima hari namun belum membuahkan hasil.

Pencarian melibat pawang buaya. Pada saat proses pencarian itu, 2 ekor buaya muncul namun tidak lama tenggelam dan tidak nampak lagi.

Sementara itu,  BKSDA Wilayah III Kisaran Alfianto Siregar menghimbau kepada warga Simangalam sekitar nya agar berhati-hati  ke depan. Baik terhadap pemancing maupun pemanen kebun di daerah aliran sungai (DAS). Kemungkinan buaya itu sedang berkembang biak.

Hal senada juga di katakan BPBD Labura melalui Kabid Kedaruratan dan bencana Sukardi alias Abay dan Basarnas Tanjung balai melalui  Danru lapangan Frawiro Simanulang.

“Pencarian di hari ke lima ini dilaksanakan hingga malam hari. Berbagai usaha dilakukan namun tidak membuahkan hasil dan hari ini pencarian di hentikan namun tetap dalam pemantauan,” kata Frawiro.

Lokasi Habitat Buaya Muara

Informasi yang diperoleh, lokasi korban diterkam adalah merupakan habitat buaya dan tidak jarang buaya di sana menampak diri  muncul ke permukaan air. Sebelum Ponidi, sudah ada warga yang diserang buaya dan mencederai perut dan ada pula bagian kaki ,dan buaya yang ada di alur sungai di maksud merupakan buaya Muara.(st/fi)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button