Berita

Nelayan Itu Ditemukan Tim SAR Sudah Tewas

TAPTENG, FaseBerita.ID – Harianto Sihite (43) yang hilang saat memancing ikan di Pulau Karang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Kamis (28/8) lalu akhirnya ditemukan. Nelayan ini ditemukan dalam kondisi tak bernyawa pada Minggu (30/8) sekira pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, Harianto yang merupakan warga Desa Kedai Gadang, Kecamatan Barus, berpamitan pada keluarganya dan berangkat untuk pergi memancing ikan pada hari Kamis sekira pukul 05.00 WIB. Saat itu ia mengatakan hendak memancing di sekitar Pulau Karang, Kecamatan Barus.

Setibanya di Pulau Karang, korban langsung melakukan aktifitas memacing ikan dengan membawa bekal dari rumah berupa makanan dan minuman. Namun sekira pukul 11.00 WIB, nelayan lain yang juga memancing di kawasan itu tidak melihat korban lagi. Namun yang terlihat hanyalah sisa-sisa makanan korban.

Melihat kondisi yang ganjil tersebut, nelayan yang pertama kali mengetahui korban hilang berupaya melakukan pencarian di sekitar Pulau Karang bersama dengan rekan-rekan yang lain. Mereka memanggil-manggil nama korban dan berupaya melakukan penyisiran di lokasi tempat korban memancing. Namun upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Sekira pukul 17.00 WIB, nelayan yang berupaya melakukan pencarian pulang ke Desa Kade Gadang dan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada kepala desa. Atas laporan nelayan tersebut, kepala desa langsung menuruskan laporan kepada Tim SAR Pos Sibolga.

Kordinator Pos SAR Sibolga Hari Susanto saat dikonfrimasi melalui telepon selulernya pada Kamis (28/8) lalu, membenarkan kejadian tersebut.

Tim Pos Basarnas Kota Sibolga-Kabupaten Tapanuli Tengah menerima informasi hilangnya seorang nelayan di pulau karang, terlebih dahulu warga sekitar bersama dengan nelayan lainya melakukan pencarian, namun belum ditemukan.

Kordinator Pos SAR Sibolga, Hari Susanto saat dikomfrimasi melalui telpon selulernya pada hari  Kamis (28/8) lalu membenarkan kejadian tersebut.

“Pencarian langsung dilakukan begitu kita mendapat informasi. Kejadiannya sekira pukul 17.00 WIB. Tim melakukan pencarian menggunakan perahu LCR sejauh 10 mil, namun korban belum ditemukan,” katanya.

Hal yang sama diungkapkan Yasir, anggota Tim Pos SAR Kota Sibolga di hari kedua pencarian. Tim telah menyisir Pulau Karang, namun belum berhasil menemukan Harianto.

Namun pada Senin (31/8) pagi, Yasir yang kembali dikonfirmasi mengatakan bahwa Harianto Sihite sudah ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

“Di hari keempat pencarian, korban bersama dengan Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban. Kita temukan kurang lebih sekira pukul 15.00 WIB dengan keadaan mengapung di permukaan laut dengan kondisi terlentang,” ujarnya.

Lanjutnya, korban ditemukan sekira tujuh mil dari Pulau Mursala atau tepatnya tujuh mil dari lokasi  kejadian arah barat daya, tempat korban pertama kali memancing.

“Korban berhasil kita temukan bersama Tim SAR Gabungan dan langsung dievakuasi dari laut menuju rumah duka,” kata Yasir.

Dia menambahkan, selama empat hari masa pencarian, Tim Basarnas Gabungan terdiri dari Pos SAR Sibolga berjumlah enam orang, Kal Mansalar tujuh orang, TNI-AL Barus dua orang, Babinsa Koramil Sorkam dua orang, Polsek Barus tiga orang, BPBD Tapteng enam orang dan dibantu 30 orang warga.

“Penyisiran awal dilakukan di tempat pertama korban dikabarkan hilang sampai ke pulau-pulau yang dekat dengan Pulau Karang. Tim menggunakan perahu karet selama pencarian.”(tam)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button