Berita

Nasyid jadi Media Syiar Dakwah Generasi Millenial Islam

ASAHAN, FaseBerita.ID – Dakwah tidak hanya sebatas ceramah. Syiar penyampaian dakwah salah satunya adalah Nasyid. Liriknya mengandung pesan nasehat dari Al Quran, mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pelan tapi pasti, kini Nasyid mulai menjadi media syiar dakwah millenial remaja muslim.

“Nasyid kini mulai digemari kaum millenial remaja muslim. Perkembangannya sudah sangat populer, tidak hanya sebatas oleh remaja masjid. Nasyid sebagai media seni syiar Islam sudah dicintai masyarakat selain sebagai media hiburan, tanpa menghilangkan unsur dakwahnya,” kata Wakil Bupati Asahan H Surya saat membuka Festival Seni Nasyid di lapangan bola kaki Dusun VI Desa Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan, Kamis (28/3).

Pada tahun ini, Festival Seni Nasyid tingkat Kabupaten Asahan sedikitnya diikuti 49 group peserta dari 25 kecamatan se Kabupaten Asahan.

Seperti pada tahun sebelumnya, ajang ini menjadi satu pembuktian bagi daerah untuk mencari potensi tim yang terbaik, guna dikirimkan dalam ajang festival yang lebih tinggi.

Dalam kesempatan itu, Surya juga mengatakan, seni Nasyid mengandung nilai-nilai moral religius, edukatif dan sentuhan kata yang dalam syairnya dapat menggugah hati pendengarnya, serta berpengaruh positif untuk melakukan perbaikan sikap dan tingkah laku.

”Seni Nasyid merupakan salah satu indikator keberhasilan dari visi yang telah ditetapkan. Untuk itu, mari kita mensukseskannya, melaksanakannya dan mentuntaskannya dalam rangka menjadikan Asahan yang religius sesuai dengan aturan yang berlaku,” sebut Wabup membacakan sambupatan Bupati Asahan.

Ketua Umum Penyelenggara Fastival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019 Taufik Zainal Abidin mengutarakan, seni budaya yang berlandaskan nilai-nilai agama itu akan berlangsung selama tiga hari yakni, 28-30 April dengan total 257 peserta.

“Bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemkab Asahan, dan hadiah berupa trophy dan uang tunai,” kata Zainal sembari mengatakan, peserta ditempatkan pada rumah penduduk di sekitar lokasi Festival Nasyid.

Pembukaan Festival Seni Nasyid ini ditandai dengan pemukulan rebana oleh Wakil Bupati, diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. (per/ahu)

iklan usi



Back to top button