Berita

Musrenbang RKPD, Program Prioritas Harus jadi Perhatian

KISARAN, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan tahun 2020, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (12/3).

Acara dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Menuju Masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri” ini dihadiri Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Sekretaris Daerah Taufik ZA, Asisten II, Asisten III, perwakilan Dandim 0208, Danyon 126/KC, Kapolres, Danlanal Tanjungbalai, OPD dan camat, serta para undangan lainnya.

Ketua panitia yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Drs H Zainal Aripin Sinaga dalam laporannya mengatakan, Musrenbang RKPD 2020 merupakan tindaklanjut Musrenbang tingkat kecamatan, dan selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD 2020 Kabupaten Asahan.

Bupati dalam pidato tertulisnya dibacakan Wabup H Surya mengatakan, dalam rangka perencanaan pembangunan SDM, perekonomian rakyat dan infrastruktur telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Asahan 2016-2021.

“Perencanaan pembangunan daerah yang akan kita sepakati pada hari ini hendaknya harus berpedoman dan mengakomodir pesan dan amanah yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Asahan tahun 2016-2021,” kata Surya.

Selain itu, sambungnya, untuk sinkronisasi program prioritas provinsi dan pusat, maka perangkat daerah dalam menyusun program kegiatan memperhatikan program prioritas yang telah menjadi kebijakan pemerintah, agar tercipta harmonisasi program dan kegiatan yang semuanya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat. Tujuan akhir dari penyelenggaraan pemerintah ini adalah untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, idealnya setiap kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah mestinya harus berorientasi kepada tujuan mulia tersebut.

“Hasil yang ingin dicapai dari penyelenggaraan Musrenbang ini adalah disepakatinya akselerasi dan upaya-upaya percepatan, serta penyelesaian dalam upaya mewujudkan visi dan misi yaitu mewujudkan Masyarakat Kabupaten Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan mandiri,” kata H Surya.

Narasumber di kegiatan ini di antaranya, Kabid Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan SDA Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Hasmirizal Lubis, Kabid Kesmas Dinkes Provinsi Sumatera Utara Teguh Supriyadi SKM MPH, dan Jaksa Fungsional Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kisaran Essadendra Aneksa. (per/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button