Berita

Musrenbang Kabupaten Palas Prioritaskan Usulan Bottom Up Planning

PALAS, FaseBerita.ID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan daerah Kabupaten Palas 2020 resmi dibuka Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, Rabu (13/3) di Gedung Asrama Haji Sibuhuan.

Giat tahunan yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini bertema peningkatan daya saing daerah lewat pemerataan pembangunan dan peningkatan kualitas SDM.

Ada sejumlah skala prioritas yang diharapkan diusulkan pada Musrenbang ini. Dan tentunya tidak lari dari konsep Bercahaya yakni lewat peningkatan infrastruktur, kualitas SDM, penciptaan kesempatan lapangan kerja dan berusaha, pembinaan produk unggulan daerah (PUD) yang sejalan dengam kebijakan nasional.

Sejalan dengan itu, tiap kecamatan juga diminta menentukan 11 usulan prioritas sebagai wujud bottom up planning. Lima di antaranya merupakan usulan prioritas sektor infrastruktur, tiga usulan masing-masing sektor ekonomi dan sosial budaya.

Hanya saja harus disesuaikan dengan keterbatasan anggaran. Penentuan ini diharapkan bisa memberikan peluang untuk pemerataan pembangunan di seluruh wilayah palas. “Besar harapan kami juga pemprovsu dapat membantu percepatan pembangunan. Seperti menempatkan program perbaikan jalinsum yang menghubungkan Paluta-Palas, dan Palas-Riau,” pinta Wakil Bupati dalam sambutan membuka musrenbang tersebut. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button