Berita

Musrembang Desa Pusuk I: Warga Usulkan Pembangunan Saluran Irigasi dan LPJU

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Pemerintah Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), menggelar Musrembangdes (Musyawarah Perencanaan Perkembangan Desa) untuk tahun anggaran 2021.

Kegiatan tahunan yang membahas tentang perkembangan serta pembangunan desa dengan mengedepankan skala perioritas tersebut, dipusatkan di Pasar Pusuk I, Selasa (28/1).

Acara ini melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, kelompok tani, TP PKK desa, Bidan desa dan beberapa kepala sekolah yang ada di desa itu serta ratusan warga.

Tampak juga hadir perwakilan Forum Pimpinan Kecamatan Parlilitan yaitu, Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang yang diwakili Sekcam Alfonsius Tinambunan, Danramil Koramil 11-Parlilitan Peltu Andi Lumbantoruan diwakili Babinsa Koptu Banta Safribal serta pendamping desa.

Kepala Desa Pusuk I Juni Mahulae kepada wartawan mengatakan, ada banyak hal yang diusulkan oleh warganya untuk dibangun pada tahun 2021 mendatang. Pihaknya menampung seluruhnya usulan tadi, walaupun pada hakekatnya tetap mengacu kepada skala perioritas (paling dibutuhkan).

“Kita terima semua usulan masyarakat. Baik usulan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pada segala sektor, baik pertanian maupun pemberdayaan semuanya baik. Akan tetapi, kita tetap mengacu kepada skala perioritas. Kita akan buat perengkingan. Selanjutnya akan kita bawa pada musrembang yang lebih tinggi, yakni musrembang kecamatan,” ujar Juni usai kegiatan.

Menurut Juni, dalam musrembang kali ini, ada beberapa usulan yang mendominasi serta dirasa memang sangat penting bagi kebutuhan desanya yaitu, pembangunan saluran irigasi, pembangunan drainase permukiman dan jalan-jalan lingkungan serta pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU).

“Kami rasa usulan tersebut sudah tepat dan memang sangat dibutuhkan. Jadi, usulan inilah nantinya akan berada pada urutan atas dalam daftar usulan,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Juni mengatakan, bahwa pelaksanaan musrembang desa merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, karena sudah diatur dan ditetapkan oleh undang undang. “Di mana, Musrembang untuk mengusulkan pembangunan yang perlu kita usul kan ke kabupaten tentunya,” tandasnya. (sht/ahu)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close