Berita

MTQ Momentum Penting Syiar Dakwah Islam

ASAHAN, FaseBerita.ID – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) diharapkan jadi instrumen penting untuk mendorong umat Islam dalam mempelajari Al Quran. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Daerah Asahan Taufik Zainal Abidin saat membuka pelaksanaan MTQ dan Festival Nasyid tingkat kecamatan di Aek Songsongan, Rabu (29/1).

“Penyelenggaraan MTQ memberikan manfaat besar bagi umat Islam di berbagai penjuru dunia guna mendorong untuk mempelajari Quran, mulai dari membaca, menulis, menghafal dan memahami kandungannya,” kata Taufik.

Kepada para peserta Taufik juga mengharapkan, agar pelaksanaan MTQ dapat dijadikan sebagai salah satu ajang pembinaan prestasi anak daerah. Tidak ada manfaatnya meraih kemenangan kalau itu dihasilkan dengan mengutus peserta dari daerah lain. Jadi selama pelaksanaan MTQ ini berlangsung semua kafilah memanfaatkan potensi yang ada dan semuanya harus tampil maksimal.

“MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya ini bukan ajang untuk mencari nama, namun diharapkan sebagai kesempatan dalam mengasah kemampuan sekaligus menjadi motivasi pada peserta untuk terus melakukan peningkatan kualitas lebih baik lagi,” harapnya.

Untuk itu, kata dia Pemkab Asahan juga mengharapkan kepada tim pembinaan  qori qoriah di setiap kecamatan agar meningkatkan pembinaannya agar tidak akan kalah saing dengan kabupaten/ kota lainnya.

”Kegiatan MTQ yang dilaksanakan ini hendaknya jangan disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, namun harus menjadi motivasi dengan memahami, mendalami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran untuk diterapkan didalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Sebelumnya, MTQ tingkat Kecamatan ini diikuti sebanyak 118 peserta yang terdiri dari Golongan Tartil Putra Putri berjumlah 17 peserta, Tilawah Anak-anak 18 peserta, Tilawah Remaja 17 peserta, Tilawah Dewasa 11 peserta, Hafiz 1 Zus 5 peserta, 5 Zus 2 peserta, 10 Zus Putra 2 peserta, Khotil Qur’an bagian Naskah 10 peserta, Khotil Qur’an bagian Hiasan Mushaf 5 peserta, Khotil Qur’an bagian Dekorasi 3 peserta, Syahril 9 group Putra Putri, Fahmil 8 group dan Nasyid 11 group. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button