Berita

MPR Minta Jadwal Pelantikan Jokowi Dimajukan

FaseBerita.ID – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengusulkan acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019) digelar pukul 14.00 WIB. Hal itu disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo usai rapat pimpinan tertutup di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

“Kita sepakat mengusulkan jam 14.00 WIB,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, usulan MPR itu akan disampaikan kepada pihak istana terutama Presiden Joko Widodo.

“Kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada kesekjenan, maupun protokol istana, baik juga kepada presiden untuk dilakukan jam 14.00,” ujarnya.

Bambang menjelaskan, pelantikan presiden pukul 14.00 WIB melalui pertimbangan bahwa sebelumnya direncanakan pukul 16.00 WIB, tetapi sudah menjelang jadwal salat Maghrib. Oleh karenanya, MPR memajukan ke pukul 14.00 WIB karena jadwal car free day dan masyarakat yang beribadah pada hari Minggu diperkirakan selesai sebelum pukul 12.00 WIB.

“Kenapa? Karena car free day berakhir jam 11, kemudian ibadah juga bisa selesai jam 12.00-an atau jam 1. Kita juga yang Muslim selesai salat Zuhur. Selesai upacara, kita juga masih bisa salat Ashar,” tuturnya.

Selanjutnya Bambang mengatakan, menjelang pelantikan presiden tanggal 20 Oktober 2019, pimpinan MPR akan mengunjungi serta mengundang langsung mantan-mantan presiden, seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian, kata dia, MPR juga akan mendatangi pasangan kandidat Pilpres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

“Menjelang pelantikan tanggal 20, kami juga akan mendatangi para kandidat Presiden Pak Prabowo, Pak Sandi Uno, Pak Jokowi dan Pak JK, Pak Ma’ruf Amin. Kita juga akan mengunjungi mantan presiden-presiden seperti Ibu Megawati dan Pak SBY,” pungkasnya. (kdc/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close