HUT RI
Berita

Minggu Puncak Arus Balik Nataru 2019

KUALANAMU, FaseBerita.ID – Puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 diprediksi berlangsung pada Minggu (5/12) besok Para pemudik diimbau agar pulang lebih awal guna menghindari kemacetan.

“Kalau bisa Minggu pagi sudah bergegas pulang, agar tidak terjebak macet sore atau malam harinya. Karena perkiraan kita Minggu itu puncak arus balik,” kata Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Darwin Purba menjawab Sumut Pos (grup media ini), Jumat (3/1).

Sebenarnya, lanjut dia, mulai hari ini arus balik Nataru akan mulai berlangsung. Hanya saja untuk puncaknya, diperkirakan akan terjadi Minggu. Sebab pada Senin esoknya, para pelajar sudah mulai aktif masuk sekolah kembali.

“Iya, anak sekolah sudah kembali masuk di tanggal 6 pada Senin itu. Jadi memang di Minggu itu orang akan banyak kembali pulang,” katanya.

Secara umum, kata Darwin, arus lalu lintas selama Nataru berlangsung lancar. Adapun kecelakaan yang terjadi saat memasuki arus mudik kemarin, hanya menimpa kendaraan pribadi bukan transportasi umum. Pihaknya pun mengklaim, bahwa kegiatan inspeksi kendaraan atau rampcheck yang dilakukan terhadap seluruh kendaraan sebelum arus mudik Nataru, sukses sejauh ini.

“Untuk kendaraan umum sejauh ini belum ada berita kecelakaan yang terjadi. Dan memang untuk titik-titik kemacetan sudah kami prediksi sebelumnya bakal terjadi. Namun hal itu sudah kami antisipasi dengan menempatkan personil pada titik-titik tertentu tersebut. Bekerja sama dengan petugas kepolisian dan satuan unit lainnya,” ungkapnya.

Darwin juga menyampaikan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan turun ke Medan hari ini guna melihat langsung arus balik Nataru. Selain akan meninjau Terminal Terpadu Amplas, Menhub juga direncanakan melihat kondisi Stasiun Besar Kereta Api Medan dan Bandara Internasional Kualanamu.

“Pada hari ini (Jumat) pun sebenarnya sudah mulai arus balik di Terminal Amplas. Dan rencananya Sabtu, Menhub akan meninjau ke sana arus balik. Jika tidak ada perubahan, rencana beliau juga akan mengunjungi Pelabuhan Belawan,” katanya.

Begiti juga puncak arus balik di Bandara Kualanamu, diprediksi terjadi pada Sabtu (4/1) dan Minggu (5/1). Hal ini disampaikan Manager Airport Duty PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Kualanamu, Supri Handoyo.”Prediksi ini tidak lain, pada hari itu sudah mulai habis libur Nataru. Begitu juga dengan libur anak sekolah. Ditambah pada Senin 6 januari 2020 juga sudah semua masuk kerja,” kata Supri, Jumat (3/12).

Untuk mengantisipasi lonjakan, pihaknya kerja sama dengan intansi terkait sejak dibukanya posko terpadu Nataru di Bandara Kualanamu, dan sudah siap siaga untuk memberikan keamanan serta kenyamanan bagi penumpang.

“Pengguna jasa bandara diimbau tidak segan melaporkan dan meminta bantuan pada petugas bila ada kendala dan ketidaknyamanan,” imbaunya.

Soal pergerakan penumpang pada H+8 Nataru, baik kedatangan, keberangkatan domestik dan internasional, Supri menyebut, sudah mulai terlihat meski masih menurun dibanding tahun sebelumnya.”Begitu juga dengan jumlah penerbangan, juga masih kondisi sama,” ujarnya.

Untuk jumlah pergerakan penumpang tahun 2019 sebanyak 25.826. Tahun 2018 sebanyak 29.770 penumpang, ada penurunan sekitar 13 persen. Untuk pergerakan pesawat tahun 2019 sebanyak 195 penerbangan. Pada tahun 2018 sebanyak 220 penerbangan, terjadi penurunan sekitar 11 persen. (prn/btr/smg)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button