Berita

Minggu Depan, Adiaksa dan Erni Disidang

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pematangsiantar memasuki tahap baru. Dua tersangka, yaitu mantan Kepala BPKD Adiaksa Purba dan mantan bendahara dinas tersebut Erni Zendrato segera disidang.

Kasat Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar BAS Faomasi Jaya Laiya, Senin (21/10/2019) berkas dan kedua tersangka sudah diserahkan di Kejari Pematangsiantar.

“Berkas memang sudah diserahkan kepada kita, begitu juga tersangkanya. Minggu depan, mereka akan disidang di Pengadilan Tinggi Sumatera Utara,” terang BAS Faomasi, sembari menambahkan pihaknya akan memberikan informasi lanjutan.

Sementara itu, tersangka korupsi program Smart City yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Pematangsiantar Posma Sitorus dan Sekretarisnya Acai Sijabat, meski gugatan praperadilan keduanya ditolak, namun belum juga ditahan.

BAS Faomasi Jaya Laiya saat disinggung soal kasus ini, hanya mengatakan masih dalam proses penyidikan dan pemeriksaan para saksi.

“Kita dan tim masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap beberapa saksi. Kemarin kan belum dibuat nama tersangkanya, sekarang kan di BAP sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” ujarnya.

Kejari Pematangsiantar akan menahan Posma dan Acai, BAS Faomasi hanya mengatakan, “Kita sudah dua kali melakukan pemanggilan setelah sidang prapid. Keduanya memenuhi panggilan kedua. Untuk menahan, kita masih pembicaraan dengan tim.”

BAS Faomasi mengaku tidak ada kendala dalam penanganan kasus tersebut.

“Kita hanya perlu memeriksa satu per satu lagi. Termasuk rekanan dan penerima-penerimanya tetap kita periksa lagi. Untuk tersangka lain, tidak tertutup kemungkinan. Nanti kita lihat prosesnya,” ujarnya.

Sedangkan kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah dan Aneka Usaha (PD PAUS) Pematangsiantar Herowhin Sinaga, BAS Faomasi juga mengatakan masih tahap penyidikan dan proses pemeriksaan.

“Sabarlah ya, masih tahap pemeriksaan. Kita masih fokus terhadap Posma dan Acai. Tetapi tetap kita melakukan pemanggilan lanjutan terhadap Herowhin,” tandasnya. (mag-04)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker