Berita

Meriahkan HJS ke-318 Menteri Olah Raga Dijadwalkan Hadir

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sibolga (HJS) ke 319, Pemko Sibolga melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menjadwalkan kehadiran menteri olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi. Selain itu, kehadiran ketua umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Joko Warsito dan ketua FTI Sumut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Parpora Kota Sibolga, Haslan Effendy dalam keterangan persnya, Rabu (20/3). Katanya, pihaknya telah menyampaikan undangan langsung untuk kehadiran menpora dan pengurus FTI Pusat dan SUmut. “Undangan sudah kita sampaikan. Ada 2 menteri yang kita undang untuk hadir,” kata Haslan.

Diterangkannya, ada banyak perlombaan yang akan digelar untuk memeriahkan penyambutan HJS Kota Sibolga ke 319 nanti, dengan hadiah yang akan diperebutkan mencapai ratusan juta rupiah. Di antaranya, Fun Bike atau sepeda santai, yang akan digelar pada hari pertama, Sabtu (23/3). Yang akan diikuti oleh seluruh OPD Pemko Sibolga, Muspida serta para komunitas sepeda.

“Rutenya, berangkat dari depan kantor Walikota Sibolga, jalan Sutomo, belok kanan ke jalan Sugiono, keluar dari patung Putri Runduk, masuk ke jalan Sutoyo Siswomiharjo. Selanjutnya, masuk ke jalan SM. Raja sampai jembatan Sibuluan. Kemudian, berputar dari Tugu Ikan Sibuluan, kembali ke arah Sibolga. Masuk ke jalan Horas dan finish di pelabuhan Pelindo atau pelabuhan Sambas Sibolga. Bagi juara I, akan memperoleh hadiah sebesar Rp2 juta, juara II, Rp1.700.000 dna juara III Rp1.500.000,” terangnya.

Di hari kedua, Minggu (24/3) akan digelar Lomba Triathlon Tingkat Nasional dan renang tingkat pelajar SMA se-Kota Sibolga. Untuk Triathlon, ada 41 peserta yang telah mendaftarkan diri, yang berasal dari beberapa provinsi. Seperti biasa, rutenya akan dimulai dari pelabuhan lama.

“Begitu juga dengan lomba renang, akan kita adakan di pelabuhan lama. Sampai saat ini, sudah 41 peserta yang mendaftar. Ada yang dari Makassar, Jawa Timur, DKI, Pariaman, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat dna Nusa Tenggara Barat. Untu rutenya, sama dengan tahun lalu. Berangkat dari pelabuhan lama atau jalan Buchari Koto, belok kiri ke jalan Zainul Arifin dan berputar dari simpang Pintu Angin masuk ke jalan Ade Irma Suryani, melintas dari depan kantor RRI. Kemudian, belok kiri ke jalan Maraden Panggabean, tiba di jembatan depan gereja HKBP Sibolga Julu belok kanan masuk ke jalan DI. Panjaitan. Selanjutnya, belok kiri ke jalan Sutoyo Siswomiharjo. Tiba di simpang Aido belok kanan ke jalan Diponegoro, belok kanan di depan kantor DPRD Sibolga masuk ke jalan S. Parman dan kembali ke jalan Buchari Koto,” jelas Haslan.

Untuk hari ke 3, Senin (25/3) akan digelar lomba lari 5 Km, yang akan diikuti oleh pelajar Sibolga-Tapteng. Kemudian, ada juga lomba terompah khusus bagi ibu-ibu Kelurahan se-Kota Sibolga. “Lari 5 K, ada untuk tingkat pelajar SMP, yang akan diikuti khusus pelajar dari Sibolga. Untuk tingkat pelajar SMA, akan diikuti pelajar Sibolga dan Tapteng. Rute yang akan dilalui, dari pelabuhan lama Jalan Buchari Koto, belok kiri ke Jalan S Parman, kemudian belok kanan ke arah jalan FL Tobing menuju jalan Sibolga-Tarutung. Selanjutnya belok kanan, masuk ke Jalan DI Panjaitan, belok kiri ke Jalan Sutoyo Siswomiharjo dna jalan SM. Raja. Lalu, belok kanan ke jalan Horas, kemudian belok kanan ke Jalan R Suprapto, masuk ke Jalan Putri Runduk, jalan S Parman dan finish, kembali ke jalan Buchari Koto,” pungkasnya.

Haslan mengimbau kepada seluruh warga Kota Sibolga untuk mendukung seluruh rangkaian kegiatan menyambut HJS ke 319 tersebut. Dengan cara, tidak mengganggu arus lalu lintas yang akan dilalui oleh para peserta. “Agar rangkaian kegiatan ini sukses, kita meminta kepada seluruh masyarakat, agar tidak mengganggu alur yang akan di lalui oleh peserta. Karena, banyak peserta yang ikut berasal dari luar kota. Dengan tertibnya masyarakat, akan menjaga nama baik Kota Sibolga. (ts)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button