Berita

Meramaikan HUT Ke 20 Kabupaten Toba Samosir, BDSN Tampilkan Miniatur PLTA Asahan 1

  1. TOBASA, FaseBerita.ID – Sebagai salah satu bentuk upaya, dalam peningkatkan ilmu pengetahuan di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), PT. Bajra Daya Sentra Nusa (BDSN) memamerkan miniatur PLTA Asahan 1. Pameran tersebut dalam rangka HUT Tobasa ke 20, Sabtu (9/3.

Pantauan di lokasi Stand pameran BDSN, terdapat  1 unit miniatur PLTA Asahan 1 yang beralamat di  Desa Ambar Halim, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Tobasa. Dengan tinggi 1,5 meter dan memiliki lebar  2 meter dengan skala perbandingan 1 :100.000. Ditutup dengan kaca tebal putih.Staf Humas PT BDSN,  Maruli Simanjuntak menyebutkan, tujuan  pemajangan miniatur  PLTA Asahan 1 itu, tidak lain sebagai bentuk kepedulian BDSN dalam berbagi pengetahuan bagi  masyarakat, terkhusus  kepada Anak yang masih duduk di bangku sekolah.

“Semenjak dibukanya acara ini, banyak pengunjung yang datang kemari dan menanyakan bagaimana sebenarnya proses kerja pembangkit listrik itu. Dengan adanya miniatur tersebut, dapat membantu warga yang ingin belajar. Sehingga dengan cepat, dapat mengerti saat kita terangkan,” ujar Maruli.

Maruli juga menerangkan, bahwa proses kerja PLTA  Asahan 1  memiliki satu bendungan yang fungsinya manahan  dan  mengatur besaran air yang akan dikirimkan untuk memutar turbin dalam terowongan.

“PLTA Asahan 1 memiliki terowongan sepanjang tujuh kilometer dan memiliki dua turbin, di mana setiap turbin mampu menghasilkan  90 Megawatts (MW),” sebutnya.

Maruli juga menyampaikan, dalam  memeriakan semarak perayaan HUT Ke 20 Kabupaten Tobasa, selain memanjakan pengunjung dengan miniatur PLTA Asahan,  juga mendukung panitia perayaan HUT dengan  memberikan  berbagai souvenir dan hadiah untuk Lucky Draw.

“Untuk acara Lucky Draw, kita menyumbangkan 10 buah Magicom, sedangkan untuk souvenir  seperti  pulpen, kita berikan langsung kepada para pelajar. Selain itu, BDSN juga menyumbangkan baju senam Germas sebanyak 50 helai,” ujar Maruli. (os/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button