Berita

Mengenang Jasa Ketua Pertama, Pemuda Merga Silima Nyekar ke Makam H Kurnia Ginting

FaseBerita.ID – Pemuda Merga Silima (PMS) Kota Pematangsiantar nyekar ke makam H Kurnia Ginting di Pemakaman Muslim Jalan Pane, pada Jumat (20/11) pagi. Nyekar ini merupakan bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa almarhum selaku pendiri sekaligus Ketua Pertama PMS Kota Pematangsiantar.

Ketua PMS Kota Pematangsiantar Salam Paulus Tarigan didampingi sekretaris Ucok Maulana Sembiring dan pengurus lainnya, Rifky Ginting, Jasa Sembiring, dan Mesman Ginting, nyekar ke makam H Kurnia Ginting ditemani pasangan suami istri Erizal Ginting dan Susanti Dewayani yang juga anak dan menantu almarhum.

Sekira pukul 10 pagi, rombongan tiba di lokasi. Setelah mengucapkan salam dan menapaki jalan di antara nisan yang satu dengan nisan lainnya, akhirnya sampai di makam H Kurnia Ginting yang berdampingan dengan sang istri, H Syahriyah Fitra.

Erizal Ginting dan Susanti Dewayani begitu syahdu melepas rindu dalam doa untuk kedua orangtua mereka. Keduanya terisak meminta kepada Allah SWT agar almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisiNya.

Keduanya pun menabur bunga di atas makam kemudian membasuh pusara dengan air. Lalu, pengurus PMS Kota Pematangsiantar satu per satu melakukan hal serupa.

“Kita nyekar ke makam Bapak H Kurnia Ginting ini adalah untuk menghormati beliau selaku Ketua Pertama PMS Kota Pematangsiantar sekaligus mengenang jasa beliau karena telah membangun organisasi PMS ini sebagai wadah silaturahmi pemuda Karo,” sebut Salam Paulus Tarigan.

Menurut Tarigan, PMS Kota Pematangsiantar didirikan sekaligus diketuai oleh H Kurnia Ginting sekitar tahun 90 an. Setelah beliau selesai menjabat selama satu periode, PMS mati suri. Tidak ada yang melanjutkan. Setelah puluhan tahun berlalu, akhirnya PMS kembali diaktifkan. Ditandai dengan pelantikan kepengurusan yang dilakukan Sabtu (21/11) di Jalan Farel Pasaribu.

Erizal Ginting didampingi dr Susanti Dewayani menambahkan, sebagai anak merasa terharu dengan penghormatan yang dilakukan oleh pengurus PMS Kota Pematangsiantar kepada ayahandanya, H Kurnia Ginting.

“Ayah saya ini merupakan pendiri sekaligus ketua pertama PMS Kota Pematangsiantar. Saya terharu melihat apa yang dilakukan pengurus PMS Pematangsiantar yang akan dilantik ini. Mereka datang (nyekar) ke makam ayah saya. Mereka menghormati ayah saya selaku Tokoh yang berjasa mendirikan PMS,” sebut Erizal Ginting.

Erizal Ginting bercerita sedikit kilas balik tentang sosok ayahnya, H Kurnia Ginting. Menurutnya, sang ayah pernah menjabat sebagai anggota DPR dan MPR. Sejumlah bangunan bersejarah di Kota Pematangsiantar ini merupakan campur tangan sang ayah. Seperti, bangunan pertama Makam Pahlawan, Tugu di Lapangan Merdeka dan Tugu di Gedung Nasional. “Ayah saya benar-benar total untuk Kota Pematangsiantar,” pungkas Erizal Ginting. (Ann)

iklan usi



Back to top button