Berita

Mendagri Tito akan Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah

FaseBerita.ID – Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tiro Karnavian berencana memanggil seluruh kepala daerah di Indonesia pada pertengahan November. Pemanggilan tersebut berhubungan dengan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 mendatang.

“Nanti supaya visi (soal anggaran) sama semua, saya sudah sampaikan ke Bapak Presiden, pertengahan November, seluruh kepala daerah akan kami undang,” kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Saat pemanggilan tersebut, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan visi misi pemerintah pusat selama dua hari. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh kepala daerah memahami visi misi yang diinginkan Presiden dan diakomodir dalam Rancangan APBD (RAPBD) mereka sehingga sesuai dengan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (RAPBN).

Selain itu, para menteri koordinator (menko) juga akan menjabarkan seluruh program pemerintah untuk tahun 2020 mendatang.

“Setelah itu para menteri-menteri terkait seperti menteri kesehatan, koperasi, menteri desa dan transmigrasi, menteri keuangan, menteri BKPM investasi. Ini menteri-menteri terkait langsung program pembangunan di daerah kami berikan kesempatan untuk bicara dan nanti ada panel,” kata dia. Tito berharap, melalui pertemuan tersebut para pimpinan daerah bisa memahami visi pemerintah pusat, baik dari presiden maupun para menteri.

“Setelah itu APBD-nya disesuaikan, revisi disesuaikan dengan poin-poin itu disamping kebutuhan daerah,” tutup dia. (kdc/int)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close