Berita

Mencuri di Rumah Tetangga Uangnya Dipakai Beli Sabu

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Polisi berhasil mengungkap pelaku pencurian di warung di Jalan Pulau Rembang Gang Nusa, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, milik Deslinawati Harahap (50) pada Sabtu (4/1) lalu.

Pelaku merupakan tetangga Deslinawati yang berinisial RA (32). Ayah dua anak tersebut berhasil ditangkap dari rumahnya, Kamis (16/1) sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam keterangan persnya, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin mengatakan, pelaku ditangkap setelah pihaknya menerima laporan dari Deslinawati.

“Deslinawati datang melapor, Selasa (7/1). Katanya, waktu dia ke warung, dia melihat uang dalam stoples putih, tempatnya biasa menyimpan uang jualan sudah berkurang. Dia sempat menelepon anaknya dan menanyakan tentang uang Rp6 juta yang hilang tersebut. Tapi anaknya mengaku tidak tahu. Kemudian, dia curiga dengan pecahan asbes yang dia temukan di atas karton jualannya. Dia juga melihat ada bekas lubang yang ditempel. Setelah kita terima laporan, kita langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap pelaku pencurian warung tersebut,” kata Sormin, Rabu (22/1).

Dari hasil pemeriksaan diketahui, uang hasil curian sebagian digunakan untuk membeli sabu-sabu oleh pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut.

“Tersangka sudah membeli sabu sebanyak 3 kali. 1 kali dibeli dengan harga per paket Rp250 ribu dan 2 kali dengan harga Rp100 ribu per paket,” ungkapnya.

Selain itu, uang hasil kejahatannya digunakan untuk bermain judi serta membayar persalinan istrinya.

“Tersangka membeli 1 bal popok bayi merk Mamipoko kemudian bermain judi. Dia juga membeli rokok, makanan, susu untuk istrinya. Kemudian, membayar persalinan istrinya dan biaya kebutuhan hidup sehari-hari,” terang Sormin.

Sekilas, tersangka menjelaskan caranya masuk ke dalam warung milik Deslinawati. Dengan bermodalkan pisau stanles, tersangka naik ke atas seng, lalu merusak seng dan asbes.

“Caranya naik ke atas loteng tempat jemuran di rumah tersangka dan kemudian berjalan di atas seng hingga ke atap seng tempat jualan korban. Kemudian, dia membuka seng bagian warung lalu memotong asbes menggunakan pisau stainles. Diapun masuk melalui asbes dan kemudian mengambil uang dari stoples plastik warna putih dan kemudian keluar melalui jalan yang sama,” pungkasnya.

Tersangka kini ditahan di RTP Polres Sibolga. Kepadanya dikenakan pasal 363 ayat 2 Subsider pasal 362 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button